Mon. Feb 26th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Camat Merbau, Abdul Hamid, S.Th.I.MM membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XII tingkat Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (25/02/2020) malam.

Menariknya disela pembukaan MTQ tersebut terlihat juga beberapa penampilan yang membuat meriahnya MTQ tahun ini, diantaranya penampilan persembahan dari sejumlah santri dan santriwati Masjid Al Ihsan Teluk Belitung, persembahan tarian sekapur sirih, dan juga dilaksanakan pengukuhan dewan hakim MTQ tingkat Kelurahan Teluk Belitung tahun 2020. Selain itu juga tidak kalah pentingnya panitia penyelenggara MTQ tersebut mendatangkan qori jemputan dari Kabupaten Bengkalis, Samsul Bahri.

Selain Camat Merbau, pembukaan MTQ kali ini juga dihadiri Sekcam Merbau, Amuniruddin, SE beserta seluruh stafnya, Kabag Kesra Sekda Provinsi Riau, Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Khalid Ali, SE, Lurah Teluk Belitung, Indat, A.Ma.Pd, Sekretaris Lurah yang juga Ketua umum MTQ Kelurahan Teluk Belitung, Hj. Wan Jumiati, SE beserta staf, Kapolsek Merbau, Danramil Merbau, sejumlah Kepala UPT Dinas di Kecamatan Merbau, sejumlah ormas, alim ulama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan komponen lainnya yang turut menyaksikan kegiatan pembukaan MTQ tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ketua umum pelaksanaan MTQ, Hj. Wan Jumiati, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa secara keseluruhan MTQ ke XII tingkat Kelurahan Teluk Belitung tahun ini diikuti sebanyak 164 orang peserta. Diharapkan melalui MTQ ini mampu mendapat qori dan qiriah terbaik yang akan mengharumkan nama Kelurahan Teluk Belitung diajang MTQ tingkat Kecamatan Merbau bahkan tingkat Kabupaten Meranti kedepan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia pelaksana dan juga donatur yang telah membantu mengsukseskan kegiatan MTQ tingkat Kelurahan Teluk Belitung sehingga bisa terlaksana dengan baik sebagaimana yang kita lihat pada malam hari ini. Semoga pelaksanaan MTQ ini berjalan lancar dan aman sampai selesai nantinya”, pungkas istri Wakil Ketua 1 DPRD Meranti tersebut.

Lurah Teluk Belitung, Indat, A.Ma.Pd dalam kesempatan itu mengatakan, alhamdulillah melalui momentum MTQ ini diharapkan dapat meningkatkan ajang silaturrahmi antara kita bersama. Tidak lupa dirinya mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga MTQ ini dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Diakuinya, kerja keras ketua umum yang merupakan Seklur Teluk Belitung, ibuk Hj. Wan Jumiati memang luar biasa, dengan dibantu kerja keras kawan-kawan kepanitiaan semua sehingga MTQ tahun ini begitu megahnya dilaksanakan dari tahun sesudahnya, mudah-mudahan kekompakan kita seperti ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk membantu memajukan Teluk Belitung secara bersama kedepa lebih baik.

Mantan Kasi Trantip Kecamatan Merbau itu juga berharap agar pelaksanaan MTQ ini dapat berlangsung sukses dan dapat melahirkan qori serta qoriah terbaik untuk mewakili ditingkat Kecamatan Merbau nantinya. Kepada peserta dihadapkan dapat tampil maksimal serta memperoleh prestasi yang terbaik dalam MTQ ini, ungkap Lurah Indat.

Kabag Kesra Sekda Provinsi Riau, Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si dalam kesempatan tersebut mengakui bahwa kemeriahan pelaksanaan MTQ Kelurahan Teluk Belitung tahun ini boleh dikatakan setara dengan MTQ tingkat Kecamatan, bahkan hampir sama tingkat Kabupaten. Ini perlu dipertahankan sehingga kedepan kegiatan seperti ini dapat dirasakan nikmatnya bersama oleh masyarakat.

“Dirinya mengajak mari sama-sama kita berlomba berbuat kebaikan pada jalan Allah, MTQ bukan saja untuk diperlombakan, namun kita jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita semua. Selain itu juga kita berharap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik untuk diseleksi pada MTQ tingkat Kecamatan nantinya. Kita juga minta kepada Bupati Meranti yang akan datang jika perlu beri hadiah umrah bagi qori yang meraih juara pertama sehingga dengan adanya hadiah yang mewah seperti itu dapat menjadikan semangat para peserta kita untuk terus belajar dan tampil dengan maksimal serta makin cinta dengan Al-Qur’an nantinya”, ucap mantan Wakil Bupati Meranti tersebut.

Mudah-mudahan pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan lancar dan sukses sebagaimana yang diharapkan bersama sampai selesai nantinya, pungkas H. Masrul Kasmy yang juga merupakan Bakal Calon Bupati Meranti tahun 2020 tersebut.

Camat Merbau, Abdul Hamid, S.Th.I.MM dalam sambutannya mengatakan, melalui MTQ kali ini kita harapkan dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik yang mampu membawa nama baik Kelurahan Teluk Belitung kedepan, selain itu juga diharapkan dapat mencetak generasi qur’ani yang betul-betul menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan generasi yang cinta dengan Al-Qur’an.

Diakuinya, Kecamatan Merbau ini untuk ajang MTQ tingkat Kabupaten memang prestasi para qori dan qoriah kita agak tertinggal, ini merupakan PR buat kita bersama khususnya kami selaku Pemerintah Kecamatan Merbau kedepan. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas qori dan qoriah kita nanti yang akan dikirim ke MTQ tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, mudah-mudahan Kecamatan Merbau tahun ini maupun yang akan datang bisa lebih baik serta mendapat peringkat terbaik pula nantinya, mohon doa dari seluruh masyarakat Kecamatan Merbau, ungkap Camat Abdul Hamid.

Untuk diketahui, pembukaan MTQ tersebut juga diisi dengan tausiah oleh Ustadz. Syfuan Muazin dari kota Pekan Baru. Selain itu juga, pembukaan kali ini terlihat dilakukan pemencetan tombol serine secara bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.(Ali Sanip)

By redaksi