Fri. Jun 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Dalam rangka mencegah serta menimalisir terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Polsek Merbau bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Kecamatan melakukan patroli bersama pada Jum’at (12/02/2021).

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK melalui Kapolsek Merbau, IPTU Sahrudin Pangaribuan SH saat dikonfirmasi media ini mengatakan, giat kali ini dalam rangka menimalisir terjadinya Karhutla di wilayah yang rawan kebakaran.

“Patroli tersebut kita laksanakan bersama TNI, Polri dan Pemerintah Kecamatan di wilayah Kecamatan Tasik Putri Puyu yang rawan terjadinya Karhutla. Alhamdulillah dari hasil patroli itu tidak ditemukan masyarakat yang melakukan pembukaan hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tasik Putri Puyu,” jelas Kapolsek Sahrudin Pangaribuan.

Diharapkannya dengan giat Partoli yang dilakukan ini setidaknya dapat terus memberikan pengertian dan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya serta konsekuensi atas tindakan membahayakan masyarakat banyak tersebut.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih peka terhadap pentingnya menjaga hutan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, sebab kondisi saat ini tengah memasuki musim kemarau yang bisa menyebabkan Karhutla terjadi jika kita tidak menjaga situasi di musim kemarau seperti ini,” pungkas Kapolsek Merbau.

Senada disampaikan Camat Tasik Putri Puyu, Sugiati SPI MSi kepada media ini. Dikatakannya, pelaksanaan Partoli hari ini kita lakukan secara bersama oleh pihak Polsek Merbau, TNI, pihak Perusahaan dan Pemerintah Kecamatan dalam memberikan himbauan serta mengkontrol aktifitas masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Alhamdlillah dalam patroli hari ini tidak kita temukan masyarakat Kecamatan Tasik Putri Puyu yang membuka lahan dengan cara membakar. Dalam hal ini kita juga mengharapkan masyarakat untuk tetap patuh terhadap himbauan bersama ini, selain hutan tidak terbakar juga masyarakat tidak terlibat hukum akibat ulah sendiri nantinya, ini demi kepentingan bersama,” ungkap orang nomor satu di Pemcam tersebut.

Terlihat hadir dalam giat kali ini, selain Kapolsek dan Camat Tasik Putri Puyu, juga dihadiri Bripka Harun Haris Harahap, Brigadir Sisunardi, Brigadir Budi Setiawan, Briptu Ahmad Agung Sedayu, Bripda Josue H Panjaitan. Selain itu dari pihak TNI dihadiri Serma Suardi dan Pelda A Nababan, sejumlah anggota Satpol PP Tasik Putri Puyu serta pihak PT GCN, Sahrudin, Hasan dan komponen lainnya.(Andi)

By Andi