Beranda Advertorial DPRD Meranti Dukung Program Pembangunan Untuk Kepentingan Masyarakat

DPRD Meranti Dukung Program Pembangunan Untuk Kepentingan Masyarakat

BERBAGI
Sejumlah Anggota DPRD Meranti saat meninjau langsung pembangunan jalan di wilayah Kota Sagu
Sejumlah Anggota DPRD Meranti saat meninjau langsung pembangunan jalan di wilayah Kota Sagu

MERANTI, Pesisirnasional.com- Dalam memperjuangkan pembangunan daerah, peran serta pihak Legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tentunya sangat penting, sehingga semua program yang direncanakan dan akan di sahkan dalam Sidang tentu sudah mempertimbangkan semua aspek, baik aspek kepentingan masyarakat banyak, aspek pemanfaatan dari program tersebut sampai dinilai harus tepat sasaran dalam membangun.

Namun untuk menjawab itu semua dibutuhkan kerjasama semua pihak, baik itu dari SKPD, pihak Legislatif maupun pihak eksekutif di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Sehingga segala aspek dibutuhkan dukungan yang kuat agar program yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik dan sesuai harapan bersama.

Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, DR. M. Tartib, SH. MH saat berbincang bersama Pesisirnasional.com baru-baru ini mengatakan, bahwa semua perencanaan pembangunan nantinya harus benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat dimanapun berada sesuai dengan kearifan lokal masing-masing.

Saat ini Pemerintah Kepulauan Meranti terus berupaya menekan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi yakni dikisaran 28 persen lebih, meski diakui sudah jauh menurun dari awal terbentuknya Kabupaten Kepulauan Meranti yakni 43 persen lebih, namun angka ini masih harus terus ditekan dan Meranti menargetkan hingga tahun 2021 angka kemiskinan bisa ditekan hingga 23 persen.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Politisi Partai Gerindra itu tidak mudah, dibutuhkan perencanaan yang kuat dan tajam sebab tanpa itu semua mustahil penurunan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan.

Lebih jauh disampaikan Tartib, untuk membangun suatu daerah hal yang perlu dicermati adalah indek Pembangunan disuatu daerah agar diketahui secara jelas sebaran kemiskinan yang terjadi, dan di Kepulauan Meranti sendiri berada di daerah terluar, pinggir sungai dan dipemungkiman warga terasing.

Agar penggunaan APBD Meranti menyentuh kepentingan publik, Tartib membeberkan, anggaran Pembangunan Meranti kedepan diharapkan dapat difokuskan untuk saudara-saudara yang belum beruntung yang berada dibawah garis kemiskinan.

“Sehingga semua program pembangunan bisa betul-betul untuk kepentingan masyarakat dan kita selaku pihak DPRD Meranti sangat mendukung hal tersebut. Mudah-mudahan dengan demikian paling tidak bisa menimalisir kebutuhan dan harapan masyarakat yang sejauh ini sangat butuh pembangunan berbasis peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap M. Tartib.

DPRD Terus Kontrol Pembangunan di Kota Sagu

Wabup Meranti dan rombongan saat meninjau pembangunan Pelabuhan Camat di Selatpanjang baru-baru ini
Wabup Meranti dan rombongan saat meninjau pembangunan Pelabuhan Camat di Selatpanjang baru-baru ini

MERANTI, Pesisirnasional.com- Sebagai upaya memastikan progres pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, berjalan lancar serta sesuai dengan mutu dan kualitas yang diinginkan, pihak Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti juga sering melakukan peninjauan dan pengecekan langsung ke lapangan.

Seperti halnya beberapa waktu yang lalu, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah melakukan peninjauan progres pembangunan jalan di 3 (tiga) Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Peninjauan telah dilakukan di Kecamatan Tebingtinggi tepatnya pembangunan Jalan Pramuka Dorak. Kemudian, peninjauan pembangunan jalan dilanjutkan di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir tepatnya pembangunan Jalan Peranggas – Kayu Ara. Dari hasil peninjauan diperkirakan sudah mencapai 90 persen.

Anggota Komisi II DPRD Kepualuan Meranti, Taufiek mengungkapkan bahwa dari hasil peninjauan yang dilaksanakan bersama Dinas PUPR Meranti hasil pembangunan jalan tersebut sudah memadai dan dari hasil pengecekan langsung dilapangan pembangunan jalan juga memiliki kualitas yang baik.

“Dari peninjauan yang kita lakukan hasil pembangunan sudah memadai. Disini juga kita sempat mengecek dengan melihat langsung kondisi pembangunan jalan yang masih dalam tahap pengerjaan maupun pembangunan jalan yang sudah siap,” ujarnya.

Bupati Meranti, Sekda Meranti dan sejumlah Anggota DPRD Meranti saat menerima WTP anggaran Pemkab Meranti tahun 2019
Bupati Meranti, Sekda Meranti dan sejumlah Anggota DPRD Meranti saat menerima WTP anggaran Pemkab Meranti tahun 2019

Selain pembangunan jalan, pengecekan juga dilakukan di Pelabuhan penyeberangan kapal Roll on – Roll off (Ro-Ro) di Desa Insit Kecamatan Tebingtinggi Barat. Pelabuhan penyeberangan ini akan melayani rute tujuan Pecah Buyung Desa Bantar, yang menghubungi Pulau Tebingtinggi dengan Pulau Rangsang.

Untuk Pelabuhan Ro-Ro di Desa Bantar sudah selesai dikerjakan pada tahun 2018 lalu. Sedangkan Pelabuhan Ro-Ro di Desa Insit progres pembangunannya juga sudah selesai.

Peninjauan itu dilakukan pihak DPRD Kepulauan Meranti bersama pihak Dinas Perhubungan (Dishub) serta hadir juga perwakilan dari Seksi Transportasi Sungai Danau Pulau (SDP) Komersial dan Perintis Balai Pengelola Trasnsfortasi Darat Wilayah IV Riau Kepri.

“Alhamdulillah, sampai kemarin tepatnya Hari Raya idul fitri tahun 2019 sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat Meranti yang menggunakan roda empat dari Pekanbaru menuju Buton dan selanjutnya menuju ke Desa Insit ini,” tuturnya.

Taufiek juga mengatakan bahwa dipakainya Pelabuhan Roro untuk jalur penyeberangan dari dan menuju Pulau Sumatera dikarenakan sampai saat ini akses Roro Kampung Balak belum bisa dilalui.

“Sampai saat ini kita belum menemukan solusi untuk permasalahan jalur Kampung Balak, di sana jalannya masih tenggelam. Untuk itu Pelabuhan Roro Desa Insit ini bisa dipakai, mudah-mudahan ini bisa membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan segala akses untuk masyarakat bisa lebih mudah dalam melakukan aktifitas sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara, pekerjaan tambahan seperti jalan pendukung akan segera dikerjakan tahun ini yang sudah dianggarkan melalui APBD Kepulauan Meranti. Jalan penghubung dari Jalan utama menuju Pelabuhan Roro sepanjang 700 meter ini sudah dianggarkan sebesar Rp 3 miliar.

Ketua Pemuda Teluk Belitung Dukung Program Pembangunan di Meranti

Ketua Pemuda, Zulfahren, S.IP
Ketua Pemuda, Zulfahren, S.IP

MERANTI, Pesisirnasional.com- Melihat serta menilai program pembangunan yang masuk di wilayah Teluk Belitung dan sekitar Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti semakin meningkat, apalagi saat ini masuk usia Pemekaran 10 tahun telah berdirinya Kabupaten sebagai Kota Sagu di Provinsi Riau dan boleh disebutkan semakin pesat. Untuk itu, Ketua
Pemuda Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau terus memberi dukungan penuh terhadap semua program Pembangunan yang berjalan dan akan dilaksanakan di Kepualauan Meranti sampai saat ini.

Hal ini disampaikan Ketua Pemuda Kelurahan Teluk Belitung, Zulfahren, S.IP kepada media ini di Selatpanjang. Dikatakannya, dengan program penggesaan pembangunan infrastruktur yang
lagi gencarnya dilaksanakan Pemkab Meranti, secara bertahab semakin bulan dan dari tahun ke tahun Kecamatan Merbau di segi pembangunannya dipandang semakin ada perubahan, terutama dalam pekembangan
peningkatan insfratruktur jalan, jembatan, dan lain-lain.

Menurut pria yang akrab disapa sehari-hari Eren itu membeberkan, peningkatan pembangunan dari tahun ketahun sudah mulai terasakan oleh masyarakat, ini semua kita nilai atas
berkat kerja keras dan perjuangan Pemkab Meranti dan kontrol baik dari pihak DPRD Kepulauan Meranti patut diapreasiasi dan perlu ditingkatkan lagi. Artinya pembangunan di Meranti perlu terus dilakukan agar aspek kepentingan masyarakat dan nilai peningkatan ekonomi masyarakat bisa semakin tumbuh berkembang dari hasil pembangunan itu nantinya.

“Dengan program peningkatan dan penggesaan percepatan pembangunan ini juga, katanya, secara tidak langsung selain dapat merobah corak perkotaan atau daerah itu sendiri, juga diharapakan yang terpenting yang harus digesakan peningkatan jalan penghubung pada setiap menuju desa masing-masing, papar Ketua Pemuda itu.

Pendapat itu dikemukakan Eren sangat beralasan, karena salah satu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat merupakan yang paling terpenting jalan harus diutamakan, karena dari sana dapat
meningkatakan etos ekonomi masyarakat, ungkap Pemuda yang tinggal di jalan Rambutan Kelurahan Teluk Belitung itu.

Terkait dengan kualitas bangunan terutama semenisasi jalan, pemuda kelahiran Teluk Belitung itu mengaku belum dapat dihandalkan, pasalnya, tidak terjaminnya kualitas semenisasi jalan, Ia menilai kurangnya kepengawasan dari konsultan pengawas proyek itu sendiri, sehingga untuk kualitas semenisasi jalan masih belum memuaskan, jauh masih kurang terjamin, dibanding Kabupaten lain.

Diakuinya lagi, selain membangun beberapa unit pembangunan yang sudah ada di Teluk Belitung, seperti pasar Suka Ramai, Rumah Sakit Rawat Inap, gedung Serbaguna, Perkantoran, Burda, termasuk pelabuhan umum, dan semenisasi jalan pada sekitar wilayah Kecamatan Merbau juga yang paling menarik perhatian masyarakat sudah terbangunnya jambatan penghubung antara Desa Mekar Sari dan Kelurahan Teluk Belitung yang telah selesai dibangun tahun lalu memberi nilai manfaat banyak bagi pembangunan diwilayah Kecamatan Merbau.

Mudah-mudahan kedepan pembangunan berkelanjutan bisa terus mengalir dan terlaksana dengan baik di Kota Sagu sehingga Kabupaten Kepulauan Meranti bisa lebih baik lagi dari tahun ke tahun dan semua aspek pembangunan tersebut bisa dirasakan langsung oleh masyarakat manfaatnya, ungkap Eren.

Narasi dan Foto : ANDI SAPUTRA