Mon. Jun 17th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pemerintah Desa (Pemdes) Bagan Melibur bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Merbau dan Dukcapil Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan perekaman e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) untuk sejumlah warga penyandang disabilitas di wilayah Desa Bagan Melibur, Rabu (10/11/2021).

Penyandang disabilitas merupakan orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan serta kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif. Sehingga warga yang demikian harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah khususnya Pemdes Bagan Melibur guna memberikan pelayanan publik secara efektif.

Kepala Desa (Kades) Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd saat dikonfirmasi media ini mengatakan, pelaksanaan perekaman itu dilakukan guna untuk mempermudah sejumlah warga penyadang disabilitas di Desanya menerima layanan perekaman e-KTP agar tidak menjadi kendala nantinya saat proses penerimaan bantuan Pemerintah sesuai aturan yang berlaku.

“Untuk Desa Bagan Melibur memang ada beberapa warga disabilitas yang belum memiliki KTP elektronik karena belum pernah melakukan perekaman, hal ini penting dilakukan ketika warga tersebut terdata sebagai penerima program sosial dari Pemerintah atau nantinya akan kita usulkan sebagai penerima manfaat program sosial, sehingga kedepan tidak terkendala karena belum terdata secara elektronik di data kependudukan,” ucap Kades yang akrab disapa Nadi tersebut.

Orang nomor satu di Pemdes Bagan Melibur itu juga membeberkan, dalam teknis pelaksanaan perekaman kali ini Pemdes bekerjasama dengan Dukcapil Kecamatan Merbau dan Dukcapil Kecamatan Tasik Putri Puyu yang turun langsung ke Desa Bagan Melibur serta melakukan perekaman dengan datang secara langsung ke rumah-rumah warga penyandang disabilitas.

“Terlaksananya perekaman ini berawal dari koordinasi kita dengan Pemcam Merbau agar perekaman e-KTP bisa dilaksankan dari rumah ke rumah warga yang disabilitas. Kemarin sempat terkendala karena alat rekam di Dukcapil Merbau menggunakan PC yang tidak bisa di bawa-bawa dan sensitif rusak apabila digunakan dari rumah ke rumah. Namun saat kita coba koordinasi dengan Dukcapil Tasik Putri Puyu akhirnya bersedia membantu kita karena alat rekamnya menggunakan perangkat laptop dan memungkinkan untuk mobile ke rumah-rumah warga,” terang Isnadi.

Lebih lanjut pria gagah berkacamata itu menuturkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia bekerjasama dalam memberikan pelayanan tersebut sehingga berjalan dengan baik. Diharapkan sinergi yang baik itu dapat terus berjalan kedepan dalam membantu memberi kemudahan pelayanan publik khususnya di Desa Bagan Melibur.

“Atas nama Pemdes kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemcam Merbau, tim Dukcapil Tasik Putri Puyu, Kepala Dusun, RT, RT dan semua pihak yang telah membantu dilapangan dalam proses perekaman e-KTP ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Walaupun tadi sempat terkendala signal yang kurang kuat namun Alhamdulillah dapat terlaksana dan warga disabilitas di Desa kami sudah bisa memiliki NIK dan KTP elektronik sebagai syarat administrasi kependudukan. Semoga dukungan serta kerjasama ini dapat terus berlanjut nantinya demi membantu kepentingan masyarakat kedepan,” ungkap Kades Isnadi berharap.(Andi)

By Andi