BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pelaksanaan pemotongan hewan qurban hari raya Idul Adha 1442 H / 2021 M di Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun ini jumlah hewan qurban di Desa itu sebanyak 12 ekor Sapi dan 11 ekor Kambing.

Kepala Desa (Kades) Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd saat dikonfirmasi media ini, Selasa (20/7/2021) mengatakan, peningkatan jumlah hewan qurban tahun ini berkat bantuan masyarakat yang memiliki rezeqi lebih, serta sejumlah Perusahaan dibawah naungan EMP Malacca Strait SA yang membantu hewan qurban Sapi dan Kambing di Desa Bagan Melibur.

“Tentunya kita atas nama masyarakat dan Pemerintah Desa Bagan Melibur sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan hewan qurban baik dari individu masyarakat, kelompok masyarakat dan beberapa Perusahaan sehingga jumlahnya mengalami peningkatan dari tahun kemarin, walaupun perayaan Idul Adha ini masih situasi Pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tetapi tidak menyurut semangat masyarakat Bagan Melibur untuk berqurban,” ucap Isnadi.

Pria gagah berkacamata tersebut membeberkan, Desa Bagan Melibur tahun ini mendapat bantuan hewan qurban sebanyak 12 ekor Sapi dan 11 ekor Kambing. Dimana pihak yang menjalankan ibadah qurban ada yang secara individu keluarga, ada yang melalui ternak riset binaan BRGM di Kidul, Persatuan qurban Masjid dan per-RT, pihak Perusahaan PT. EMP dan subkonnya yaitu PT. Andromeda Rekayasa Fluida (ARF) dan lain-lain pihak yang berkontribusi, sehingga sistem pemotongannya dilakukan pembagian wilayah untuk 12 RT di Desa Bagan Melibur.

“Secara teknis dengan jumlah hewan qurban Sapi dan Kambing ini kita bagikan tempat pelaksanaannya, seperti di Surau Arridho sebanyak 2 ekor Sapi untuk disalurkan kepada warga RT 02 / RW 03, dan RT 03 / RW 03, selanjutnya di kediaman Hj. Ros sebanyak 1 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing untuk disalurkan kepada warga RT 01 / RW 03. Kemudian di Surau Al-Barokah sebanyak 1 ekor Sapi yang disalurkan untuk warga RT 01 / RW 01, lalu di Kediaman pak Wadi sebanyak 1 ekor Sapi disalurkan untuk warga RT 02 / RW 02,” jelasnya.

Orang nomor wahid di Pemdes Bagan Melibur itu menambahkan, “Surau Al-Islah, Kidul sebanyak 1 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing disalurkan untuk warga RT 03 / RW 02, kemudian sebanyak 1 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing disalurkan untuk warga RT 01 / RW 04. Selanjutnya Masjid Sirajul Huda disalurkan untuk warga disejumlah lingkungan RT, diantaranya RT 03 / RW 01, RT 02 / RW 01, RT 03 / RW 04, RT 02 / RW 04, dan RT 01 / RW 02 dengan jumlah hewan qurban sebanyak 5 ekor Sapi serta 6 ekor Kambing,”.

Kades yang akrab disapa Nadi itu juga berharap, pelaksanaan pemotongan hewan qurban tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat keberkahan dari Allah SWT seraya berdoa semoga wabah Pandemi Covid-19 ini dapat segera usai sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Terima kasih kepada semua pihak baik yang berqurban maupun seluruh panitia yang telah melaksanakan proses pemotongan dengan baik. Semoga pelaksanaan qurban ini lebih mempererat tali silaturrahmi kita di Desa Bagan Melibur, meningkatkan amal ibadah serta dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan penuh semangat berbagi kepada sesama. Mari tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam beraktifitas, mudah-mudahan dengan doa dan usaha kita bersama Idul Adha datang, Covid-19 pun menghilang,” ungkap Kades Bagan Melibur berharap.(Andi)