Mon. Apr 22nd, 2024

Jakarta- Bertempat di Galangan Kapal PT Palindo Marine, Kampung Becek Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, telah dilaksanakan kegiatan site visit dan penandatanganan fakta integritas oleh penyedia PT Palindo Marine.

Kapuspenkum Kejagung Dr. Ketut Sumedana dalam siaran per Nomor: PR – 1555/169/K.3/Kph.3/09/2022 Jumat (30/9/2022) menyampaikan ke awak media bahwa Kegiatan site visit dan penandatanganan fakta integritas ini menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan Pengamanan Pembangunan Strategis oleh Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM INTELIJEN) Kejaksaan Agung, sehubungan dengan pelaksanaan proyek prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yaitu pengadaan 2 (dua) unit kapal pengawas perikanan Kelas II Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Dok : Kejagung RI

Latar belakang dalam pelaksanaan pengadaan 2 (dua) unit kapal pengawas perikanan Kelas II tersebut adalah dalam rangka menjaga ekologi dan peningkatan ekonomi melalui kebijakan penangkapan terukur oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan sasaran kegiatan, yaitu:

Tersedianya sarana pengawasan berupa kapal;

Strategi operasi menggunakan Integrated Surveillance System (ISS) dan intercept oleh kapal pengawas;

Pola operasi menggunakan pola operasi penyekatan.

Adapun tujuan kegiatan site visit ini adalah dalam rangka deteksi dan cegah dini setiap potensi Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan (AGHT) dalam pelaksanaan kegiatan sehingga kegiatan pengadaan 2 (dua) unit kapal pengawas perikanan Kelas II tersebut dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran. Sementara itu, penandatanganan pakta integritas oleh penyedia bertujuan untuk :

Sebagai bentuk komitmen dari penyedia akan melaksanakan proses kegiatan secara profesional dan proporsional;

Bersikap jujur, transparan dan obyektif serta menghindari perbuatan Kolusi, Korupsi dan Nepostisme.

Dok : Kejagung RI

Kegiatan site visit dan penandatanganan pakta integritas oleh penyedia dihadiri oleh Hari Setiyono, S.H., M.H. selaku Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis, Pung Nugroho Saksono selaku Direktur Pengawasan Operasi Armada pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Agus selaku Direktur Utama PT Palindo Marine, Harmanto selaku CEO PT Palindo Marine, Mashudi selaku Auditor Inspektorat II Inspektorat Jenderal pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Teguh Ari Wibowo selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Rachmat Supriyadi, S.H., M.H. selaku Kasubdit PPI Pengairan, Pertanian dan Kelautan beserta Tim Pengamanan Pembangunan Strategis Subdit D.2. (Hen)

By redaksi