Tue. Jun 25th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Ditengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini memang sangat diperlukan kreatifitas dan gagasan terbaik dari seorang pemimpin guna mencari jalan keluar untuk masyarakatnya terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup warga agar tidak hanya bergantung pada pasar saja namun juga bisa menciptakan peluang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat kedepan.

Seperti halnya yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Bagan Melibur, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini. Dimana Kades beserta perangkat desa dan masyarakat melaksanakan penanaman bibit terong ungu dan jahe perdana di lahan mini demplot Pokmas Tani Jaya Desa Peduli Gambut (DPG) Bagan Melibur dengan teknik pengolahan lahan tanpa bakar pada Rabu (09/09/2020) siang.

“Lahan demplot ini merupakan uji coba untuk pengembangan pertanian di lahan gambut, jika ini berhasil baik maka kedepan akan kita kembangkan lebih lanjut dengan skala luas. Kegiatan penanaman tersebut bisa berjalan lancar berkat kerjasama serta kekompakan masyarakat Desa Bagan Melibur dengan harapan hal ini dapat menjadi pemicu bagi petani lahan gambut kedepan agar bisa mengembangkan pertaniannya demi meningkatkan perekonomian masyarakat”, ucap Kades Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd saat dikonfirmasi media ini.

Orang nomor wahid di Pemdes Bagan Melibur tersebut menuturkan, penanaman ini sangat bagus dilakukan apa lagi ditengah Pandemi Covid-19 sekarang tentu diperlukan semangat kekompakan masyarakat dalam membantu Pemerintah Desa untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam yang ada di Desa guna memenuhi ketahanan pangan bagi Desa ini kedepan.

Saya atas nama pribadi dan Pemdes mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bagan Melibur maupun perangkat Desa baik itu PKK, BPD, Kadus, RW, RT, PPL, Ketua Karang Taruna dan para petani yang telah ikut melaksanakan penanaman tadi dan tentunya secara khusus kepada Fasilitator Desa (FASDES) Badan Restorasi Gambut serta Lembaga Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial Masyarakat (LPESM) yang sudah berperan aktif membantu program ini, ujarnya.

Pria gagah berkacamata tersebut berharap semoga segala upaya yang sudah dilakukan bersama hari ini akan membuahkan hasil yang baik nantinya untuk kebutuhan masyarakat banyak khususnya dalam memenuhi kebutuhan pangan di Desa Bagan Melibur kedepan, pungkas Kades.(Andi)

By redaksi