Wed. Nov 29th, 2023

MERANTI (pesisirnasional.com)- Ketua dan Wakil Ketua DPRD Meranti bersama Komisi III DPRD Meranti melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka meninjau fasilitas rawat inap di UPT Puskesmas Teluk Belitung, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (14/04/2020).

Ikut serta dalam Kunker tersebut, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah, SH.M.Si, Wakil Ketua DPRD Meranti, H. Khalid Ali, SE, Ketua Komisi III DPRD Meranti, Dr. Hafizan Abas, S.Ag., M.Pd beserta Anggota Komisi III, Hj. Nirwana Sari, SE, Eka Yusnita, SH, Cun Cun, SH.M.Si dan staf ahli DPRD Meranti.

Selain itu juga hadir Camat Merbau, Abdul Hamid, S.ThI.MM, Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung, dr. H. Suhadi, Kapolsek Merbau, IPTU. Sahrudin Pangaribuan, KSOP Syahbandar Teluk Belitung, Ijon Tanamal, Kasi Trantib Kecamatan Merbau dan komponen lainnya.

Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung, dr. H. Suhadi dalam sambutannya menyampaikan, kami sangat berterima kasih sekali karena didatangi tamu istimewa hari ini. Diakuinya, memang belum pernah anggota DPRD hadir dari Komisi dan lengkat seperti hari ini yang datang ke Puskesmas kami, tentunya ini merupakan suatu kehormatan bagi kami.

“Sesuai data yang telah kami rekap, jumlah Covid-19 Diwilayah Kecamatan Merbau (20 Maret – 13 April 2020) anatara lain untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 1 orang, selanjutnya untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) bergejala sebanyak 13 orang dan ODP tidak bergejala sebanyak 310 orang”, bebernya.

dr. Suhadi mengakui, sejauh ini segala bentuk upaya yang telah kita lakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19 sudah sangat baik dengan kerjasama Pemerintah Kecamatan Merbau dan Upika dibantu pihak Kepolisian, Danramil Merbau dan ormas dengan melakukan himbauan sampai kepelosok desa, penyemprotan disinfektan, menyediakan posko pencegahan Covid-19 dan melalukan penindakan kesehatan bagi masyarakat.

Camat Merbau, Abdul Hamid, S.ThI.MM dalam arahannya menyampaikan, selaku pemerintah dan Upika Kecamatan Merbau mengucapkan selamat datang kepada Ketua dan rekan-rekan komisi III DPRD Meranti dalam rangka Kunker Covid-19. Kita tetap waspada dan melakukan berbagai upaya antisipasi dalam ujian ini, mudah-mudahan virus corona dalam waktu yang cepat selesai dan kita semua bisa terhindar dari Covid-19 ini.

Selain itu juga, kami telah melakukan sistem By Name By Address untuk data masyarakat kurang mampu yang sampai saat ini belum mendapatkan bantuan Pemerintah. Data itu mengalami perubahan setiap enam bulan sekali. Diakuinya, data ini lah yang menjadi bumerang di tengah masyarakat kita Kecamatan Merbau saat ini, apa lagi dengan adanya kuncuran berbagai bantuan dari Pemerintah Pusag sehingga dasar kucuranya melalui data tersebut, namun demikian yang jelas semua proses dan tahapannya sudah kita lakukan dengan baik, ujar mantan Camat Tasik Putri Puyu tersebut.

Orang nomor satu di Kecamatan Merbau itu juga menuturkan, kita tetap menjaga dan mewaspadai wabah Covid-19 ini dengan cara membatasi jarak, mengunakan masker, setiap titik perkumpulan ramai masyarakat seperti pasar dan lain-lain kita sediakan tempat cuci tangan. Menyiapkan posko 4 titik rawan pelabuhan khususnya di Kecamatan Merbau antara lain dipelabuhan Kuala Asam, Pelantai, sagu-sagu, Meranti Bunting dan Lukit. Mudah-mudahan dengan upaya yang kita lakukan bersama seluruh Upika, Polsek Merbau, Danramil Merbau dan Ormas di Kecamatan Merbau ini wabah Covid-19 bisa cepat berlalu dan kita bisa menikmati kembali aktifitas tanpa wabah ini, pungkasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Ardiansyah, SH., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kami hadir dengan anggota lengkap hari ini merupakan Kunjungan Kerja ke UPT Puskesmas Teluk Belitung, Kecamatan Merbau dimana hasil Kunker ini akan kami bahas dan sampaikan kepada Ketua Gugus Tugas Covid-19 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti nantinya.

Peria yang akrab disapa Jack itu mengharapkan, dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan bersama sejauh ini, kita berharap wabah virus corona di Kabupaten Kepulauan Meranti bisa cepat selesai sebagaimana yang kita harapkan bersama, ungkap Ketua DPD PAN Meranti tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Meranti, Dr. Hafizan Abas, S.Ag.,M.Pd dalam kesempatan tersebut menyampaikan, hari ini kita lakukan pengecekan berbagai segi dalam satu kesatuan untuk menjadi rangkuman terkait hasil Kunker ini nantinya. Dimana yang menjadi pertanyaan dan bahan evaluasi kita penting mengetahui berbagai aspek, mulai menerima laporan dari segi Agama, segi Keamanan, segi pelabuhan, segi kesehatan, dan lainnya dalam mengantisipasi serta penindakan kedepan terhadap wabah Covid-19 ini yang merupakan virus tidak nampak dan ganas, ungkapnya.

Terlihat juga dalam Kunker tersebut Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Meranti melakukan peninjauan terhadap fasilitas serta sarana dan prasarana rawat inap UPT Puskesmas Teluk Belitung Kecamatan Merbau.(Andi)

By redaksi