Sat. Feb 24th, 2024

PesisirNasional.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan stok dosis vaksin di daerah aman untuk satu bulan. Jumlahnya sekitar 41 juta dosis. Hal itu ia ungkapkan dalam rapat kerja Kemenkes dengan Komisi IX DPR RI di Komplek Parlemen, Senin (13/9).

Awalnya, Budi menjelaskan jumlah dosis vaksin yang sudah diterima RI sebanyak 169 juta dosis.

“Sampai sekarang vaksin yang kita terima 169 juta dosis. Dari itu 157 juta sudah dikirim ke daerah,” paparnya.

Kemudian, ada 9 juta dosis yang masih dalam perjalanan ke daerah masing-masing. Dan stok vaksin yang ada di Kemenkes berjumlah 3 juta dosis menunggu untuk didistribusikan.

“Yang sudah disuntikan dari 157 juta dosis yang sudah kita kirim ke daerah adalah 116 juta dosis per jam 12 jadi stok di daerah tadi ada banyak yang menanyakan masih ada 41 juta dosis,” papar Menkes.

“Jadi kalau berdasarkan kecepatan laju suntikan kita sekarang itu masih ada stok sekitar 1 bulan. Itu lumayan banyak, kalau kita suntikannya bisa naik 2 juta itu masih ada stok 20 hari, karena setiap Minggu kita akan kedatangan lagi,” sambungnya.

Setelah vaksin tiba di pemerintah provinsi setempat, Budi berharap langsung didistribusikan sampai ke kabupaten/kota hingga ke faskes setempat.

“Jadi 41 juta dosis yang ada stok di daerah-daerah ini sangat besar yang harusnya bisa dipakai. Kita juga sudah minta bantuan BPKP untuk melakukan stock ofnan rutin ke seluruh provinsi kabupaten/kota untuk mengetahui dan memastikan bahwa angka-angka tersebut juga transparan, bisa dilihat oleh siapapun terutama yang 41 juta yang sekarang sudah ada di kabupaten kota provinsi,” jelasnya. [rhm]

Sumber: Merdeka

By redaksi