Sat. Feb 24th, 2024

PesisirNasional.com – Warga binaan pemasyarakatan (WBP) penghuni blok C2 Lapas Klas I Tangerang yang jadi korban kebakaran pada Rabu (8/9) kemarin, sementara ini ditempatkan di sejumlah blok lain yang ada di sana.

“Dari kemarin sudah ditempatkan di blok A, B, D dan E. Dari kemarin juga sudah dilakukan pendekatan psikologis trauma healing bagi warna binaan bukan hanya warga binaan dari 122 orang yang di Blok C2 tetapi juga warga binaan yang di blok lainnya,” kata Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti di Lapas Tangerang, Jumat (10/9).

Selanjutnya, Rika juga memastikan bahwa pemulihan fisik bangunan Blok C terdampak kebakaran segera dikerjakan, agar ruang tahanan yang menewaskan 44 WBP itu, bisa digunakan kembali.

“Kemarin sudah disampaikan oleh Pak Menteri ada lima tim, salah satu timnya itu adalah konsentrasi pada pemulihan secara fisik. Selain penanganan korban secara fisik, bangunan dari lapas kelas I Tangerang, khususnya blok C 2 ini terus bekerja, agar blok c2 bisa dipergunakan kembali,” jelasnya.

Dia menuturkan, sebenarnya kapasitas Blok C2 idealnya dihuni oleh 38 WBP, sementara sebelumnya diisi oleh 122 WBP. Sedangkan kapasitas Lapas yang idealnya dihuni 600 WBP, saat ini dihuni oleh 2.069 WBP.

“Pasti, solusi yang terbaik, sambil menunggu renovasi dari blok C2, kalau kita pindahkan ke lapas lain, lapas lain juga over kapasitas bahkan lebih tinggi,” ungkap Rika. [cob]

Sumber: Merdeka

By redaksi