Sun. May 26th, 2024

Bengkalis, 19 November 2023

Pentas Budaya Dalam Rangka Pengawasan Pemilu Parsipatif Tahun 2024

 

Pesisirnasional.com |BENGKALIS – Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin, SE., MM diwakili Kasdim Mayor Arh Sudiyono menhadiri acara Pentas Budaya Dalam Rangka Pengawasan Pemilu Parsipatif Tahun 2024 bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis, Minggu 19 November 2023 pukul 07.00 WIB.

 

Hadir Dalam kegiatan Dandim 0303/ Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin, SE., MM diwakili Kasdim Mayor Arh Sudiyono, Bupati Bengkalis diwakili oleh Staf Ahli H. Bustami, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo, Ketua Bawaslu Bengkalis, Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Wakapolres Bengkalis Kompol Farris, Ketua LAMR Kab. Bengkalis Sofyan, Ketua KPU Bengkalis, dan Para perwakilan Partai Politik serta Masyarakat ±500 Orang.

Kegiatan ini dimulai dengan Senam dilanjutkan dengan Jalan Santai. Ada pula Penampilan Kesenian Reog dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

 

Sambutan Kapolres Bengkalis Mengucapkan Apresiasi Kepada Bawaslu yang telah menyelenggarakan Pentas Budaya Dalam Rangka Pengawasan Pemilu Parsipatif Tahun 2024. Semoga dengan diadakan kegiatan ini dapat menciptakan Pemilu 2024 yang aman tertib dan Damai. Mari saling menjaga tololeransi antar sesama pemilih maupun Partai Politik.

 

Dari Rangkaian kegiatan nya Bupati Bengkalis dari kata sambutannya menyampaikan Apresiasi serta ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bawaslu Kabupaten Bengkalis yang telah menyelenggarakan pentas budaya pengawasan pemilu partisipatif ini, dan kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya menyambut baik kegiatan ini, sebagai media edukasi sekaligus sebagai sarana bagi Bawaslu untuk membumikan pengawasan berbasis masyarakat, guna membangun kesadaran kolektif antara penyelenggara pemilu dan masyarakat secara partisipatif dalam melakukan pengawasan pemilu, serta meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat untuk menyukseskan pemilu 2024.

 

Mengingat pemilu adalah manifestasi dari kedaulatan rakyat, maka sebagai rakyat tentunya harus ikut terlibat, guna memastikan penyelenggaraan pemilu nantinya benar-benar berjalan demokrastis, jujur, adil, bermarwah dan berintegritas.

hadirin yang kami banggakan,.

sebagaimana kita ketahui bersama, pada tahun 2024 mendatang, negara ini akan menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama, diantaranya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilu legislatif dan dilanjutkan dengan pilkada. oleh karenanya, guna menyukseskan kegiatan pesta demokrasi tersebut dan meminimalisir terjadinya konflik atas kepercayaan terhadap integritas proses dan hasil pemilu, tentunya semua pihak harus memperkuat sinergisitasnya, baik kami Pemerintah Daerah, KPU, Panwaslu, Polri, TNI, Partai Politik, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Pers serta seluruh elemen masyarakat, agar pesta demokrasi yang akan kita jalani dapat menghasilkan pemilu yang demokratis baik dari proses maupun hasilnya, dan juga dapat berjalan dengan kondusif, aman, guyub, serta lancar. Karena Pemilihan Umum yang adil dan jujur merupakan fondasi utama untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas.

 

Untuk menciptakan pemilu yang berkualitas, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan lembaga pemilu semata, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak, baik kita sebagai warga negara maupun partai politik selaku peserta pemilu, yang ikut mengawasi jalannya pemilu, artinya parpol juga harus memiliki kesadaran untuk menjadi peserta pemilu yang berintegritas, dengan tidak melakukan pelanggaran pemilu. Makanya, kami percaya dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelum ini, kita memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan pemilu 2024 jauh lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. proses pemilihan umum, kita dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pemilihan umum, serta dapat meningkatkan legitimasi dari hasil pemilihan umum itu sendiri.

hadirin yang berbahagia,.

demikian beberapa hal yang perlu kami sampaikan, namun sebelumnya, kembali kami mengajak, mari bersama-sama kita memahami sekaligus menyamakan persepsi, dalam mempersiapkan setiap tahapan pemilu, terutama dalam tahapan kampanye, agar ianya dapat berjalan lancar, baik, tanpa gangguan serta tanpa adanya pelanggaran. Mari bersama kita kuatkan tekad untuk menghadirkan pemilu yang berkualitas, bermarwah dan bermartabat di negeri ini. Semoga semangat kebersamaan dan kerja bersama kita ini senantiasa mendapat berkah serta ridho dari Allah SWT , Tuhan Yang Maha Kuasa.

 

Pukul 09.45 WIB kegiatan selesai dalam keadaan aman dan kondusif. Jurnalis Pesisirnasional.com(3K3-02)

 

 

( Sumber PenDim 0303/Bkls – Koramil 01/Bkls )