Fri. Mar 1st, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan Bimbingan Teknis kepada puluhan tenaga kerja Kelistrikan Penerangan Jalan Umum (PJU) Se Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan kepada para tenaga kerja kelistrikan agar dapat menjalankan tugas lebih profesional serta aman. Dalam bimtek kali ini dibuka langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto, SE. MM bertempat di Meeting Room Afifa jalan Banglas Selatpanjang, Senin (24/2/2020).

Turut hadir mendampingi Sekda, Kepala Bagian Ekonomi Sekdakab Meranti, Abu Hanifah, Nara Sumber dari PT. PLN Selatpanjang, Mirza dan Bambang, Para Peserta Tenaga PJU dan PLTD se Kepulauan Meranti.

Kabag Ekonomi Sekdakab Meranti, Abu Hanifah selaku panitia pelaksana dalam kesempatan itu menjelaskan, kegiatan Bimbingan Teknis bagi Tenaga Kelistrikan PJU ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para tenaga kelistrikan PJU agar dapat memahami berbagai masalah kelistrikan khususnya Instalasi PJU dengan baik dan benar menimbang begitu besarnya resiko yang dihadapi para pekerja.

“Kegiatan sekaligus untuk menghindari resiko yang terjadi kepada peserta terutama dibidang keselamatan yang perlu menjadi perhatian serius,” ujar Kabag Ekonomi tersebut.

Iapun berharap, kedepan disamping memberikan pengetahuan melalui Bimtek, Abu Hanifah juga berharap kepada Kabupaten dapat menganggarkan asuransi atau jaminan kerja dan kematian kepada tenaga PJU, agar selama menjalankan tugas dapat bekerja dengan aman dan tenang, ungkapnya.

Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto, SE. MM dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada penyelenggara, menurutnya kegiatan ini cukup penting dan strategis karena berkaitan dengan profesionalitas serta resiko yang akan dihadapi oleh para tenaga kerja kelistrikan PJU.

Apalagi saat ini tugas para pekerja kelistikan PJU di Kepulauan Meranti semakin berat seiring dengan terus meningkatnya elektifikasi Meranti yang mencapai 90 persen lebih. Dimana nyaris seluruh wilayah di Meranti dari kota hingga pedesaan sudah teraliri arus listrik PLN dan aktif 24 jam/hari.

“Jadi kegiatan ini diharapkan dapat menambah profesionalitas tenaga kelistrikan PJU, sekaligus menguragi resiko terjadinya kecelakaan kerja, semoga kedepan bapak-bapak dapat bekerja dengan selamat, aman dan tenang,” harap Sekda.

Tak lupa Sekda Bambang juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para tenaga kerja kelistrikan PJU Se Kabupaten Kepulauan Meranti atas dedikasinya dalam mengontrol, menjaga dan memastikan lampu penerangan tetap hidup diseluruh titik.

Dengan memastikan lampu penerangan berfungsi dengan baik disemua titik mulai dari Kota hingga Pedesaan, para pekerja kelistikan PJU secara tidak langsung telah mendukung dan mensukseskan tugas Pemerintan Daerah dalam menggeliatkan ekonomi masyarakat. Dimana menurut Sekda, sejak berjalannya listrik 24 jam hampir diseluruh wilayah Meranti telah mendorong simpul-simpul ekonomi bergerak lebih cepat yang dibuktikan dengan berkembangnya usaha dan bisnis yang dijalankan masyarakat.

“Lihat saja hingga larut malam ekonomi masyarakat Meranti masih terus menggeliat, kedai kopi dan tempat-tempat menjual makanan masih buka, berbeda dengan Kabupaten lainnya dimana mulai pukul 9 sudah terlihat sepi,” papar Sekda.

Disitulah fungsi dari petugas kelistrikan PJU yang melaksanakan tugas kelistrikan mulai dari mengontrol hingga memastikan lampu-lampu penerangan jalan tetap hidup dan berfungsi. Untuk itu Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada tenaga PJU karena tidak semua orang dapat dan mau menjalankan pekerjaan ini dengan baik, pungkas Sekda Bambang.(Andi)

By redaksi