BERBAGI

SIAK (pesisirnasional.com)- Dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3N), Energi Mega Persada PT. Imbang Tata Alam (EMP PT. ITA) melaksanakan penanaman ratusan bibit mangrove dan membagikan ratusan masker dalam kegiatan Festival Ragam Pesisir di wisata edukasi Mangrove Sungai Bersejarah jalan Kelapa, Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada Sabtu (19/2/2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi”. Selain itu dalam rangkaian acara juga dilakukan peresmian aula teras bakau yang dibangun oleh PT. RAPP, dan peresmian Musholla Bagus C. Kartika yang dibangun oleh EMP PT. Imbang Tata Alam.

Hadir dalam kegiatan kali ini, Wakil Bupati Siak, H Husni Merza BBA MM, Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dr Afni Zulkifli MSi, Anggota DPRD Provinsi Riau, Zulfi Mursal SH, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan SE, Camat Sungai Apit, Wahyudi, Penghulu Kampung Kayu Ara Permai, Abdul Razak, GPA Officer EMP PT. Imbang Tata Alam, Arip Hidayatuloh, perwakilan PT. RAPP, pengurus konservasi mangrove Bersejarah Kayu Ara Permai, dan undangan lainnya.

Usai peresmian juga dilanjutkan pelaksanaan penanaman mangrove bersama di wilayah konservasi sungai bersejarah dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Menariknya, dalam kegiatan ini pihak EMP PT. Imbang Tata Alam turut memfasilitasi pembagian ratusan masker dan ratusan bibit mangrove sebagai wujud menjaga lingkungan sempena bulan K3N.

Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dr Afni Zulkifli MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak khususnya Perusahaan yang beroperasional di wilayah Sungai Apit yang telah ikut serta membantu Pemerintah mengembangkan objek wisata dan menjaga alam di wilayah Kabupaten Siak.

“Program sinergitas ini sangat bermanfaat banyak bagi kepentingan seluruh masyarakat, dimana hal yang penting kita lestarikan saat ini adalah menjaga alam demi kebutuhan oksigen dikemudian hari, apa lagi mangrove ini berpotensi signifikan untuk menyerap dan menyimpan karbon. Terima kasih kepada seluruh pengurus konservasi mangrove yang telah semangat dan konsisten dalam menjaga lingkungan untuk kepentingan masyarakat banyak kedepan,” ungkap dr Afni Zulkifli.

Sementara itu, Wakil Bupati Siak, H Husni Merza BBA MM dalam arahannya mengatakan, atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menjaga serta mengembangkan wisata di wilayah Kampung Kayu Ara Permai, hal ini tentunya sangat penting duduk bersama kedepan dalam menentukan arah kebijakan demi kepentingan semua pihak.

“Sejarah pembangunan ini perlu dicatat dari awal bahwa semuanya merupakan semangat kebersamaan dalam membantu kepentingan bersama khususnya dalam menjaga lingkungan. Kita ingin lingkungan ini kita jaga bersama demi keberlangsungan anak cucu kedepan, selain lingkungan pertumbuhan ekonomi melalui objek wisata ini juga perlu kita gagas bersama nantinya secara sinergi sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud dengan baik,” pungkas Wabup Siak.

Terlihat kegiatan penanaman mangrove tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Siak, H Husni Merza BBA MM beserta sejumlah Dinas Pemkab Siak, Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dr Afni Zulkifli MSi, Anggota DPRD Provinsi Riau, Zulfi Mursal SH, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan SE, Camat Sungai Apit, Wahyudi, Penghulu Kampung Kayu Ara Permai, Abdul Razak, GPA Officer EMP PT. Imbang Tata Alam, Arip Hidayatuloh, perwakilan PT. RAPP dan komponen lainnya.(rls/red)