Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir, Pemerintah Desa (Pemdes) beserta masyarakat Bagan Melibur bersinergi dengan Pemerintah Kelurahan Teluk Belitung dan masyarakat melaksanakan Gotong Royong (Goro) bersama membersihkan tali air (parit,red) daerah Bagan Melibur dan Kelurahan Teluk Belitung, Ahad (7/6/2020) pagi.

Terlihat dilapangan dalam goro kali ini dihadiri langsung Kades Bagan Melibur, Isnadi Esman, S.Pd beserta perangkat Desa, Lurah Teluk Belitung, Indat, A.Ma.Pd, sejumlah masyarakat serta Ketua RW, RT, Kadus dilingkungan Kelurahan Teluk Belitung dan Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala Desa (Kades) Bagan Melibur, Isnadi Esman, S.Pd saat dikonfirmasi media ini mengatakan, hari ini kita melaksanakan gotong royong masal dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan banjir yang dalam sepekan ini kerap kali terjadi di Desa Bagan Melibur, dimana dalam gotong royong masal ini kita bagi menjadi dua tim.

Tim pertama yakni warga Dusun 1 dan Dusun 2 itu fokusnya membersihkan wilayah jalan Utama RT 01/ RW 01 Dusun 1, targetnya adalah membersihkan parit yang menghubungkan Desa Bagan Melibur dan Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau. Yang mana wilayah tersebut merupakan titik terparah terjadinya genangan air sepanjang Jalan Utama, bebernya.

Orang nomor wahid di Pemdes Bagan Melibur tersebut lebih lanjut mengakui, tim ini juga bergabung dengan masyarakat dari 3 RT yang ada di Kelurahan Teluk Belitung dalam ikut serta membersihkan pohon-pohon nipah yang menyebabkan tidak lancarnya aliran air yang melintasi Desa Bagan Melibur dan Kelurahan Teluk Belitung. Alhamdulillah, goro gabungan ini juga menjadi wadah yang baik dalam membangun silaturahmi dan kerjasama guna membangun darah kedepan.

Dikatakannya, tentu ini sebenarnya bukan hal yang baru, jika menelisik sejarah para pendiri kampung dahulu kerjasama antar dua daerah ini sudah berlangsung dimasa dulu karena Desa Bagan Melibur merupakan pemekaran dari Kelurahan Teluk Belitung, dulunya bernama Desa Muda Bagan Melibur, terang Kades yang akrab disapa Nadi itu.

Pria gagah berkacamata tersebut menjelaskan, sedangkan tim ke dua adalah warga Dusun 3 dan Dusun 4. Dimana mereka fokus pada gotong royong menebang dan membawa pohon-pohon kelapa yang akan digunakan untuk landasan excavator dari PT. Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait SA yang akan membersihkan pohon-pohon Nipah dan semak-semak yang menutupi parit di sekitaran ke dua dusun itu.

Atas nama Pemerintah Desa Bagan Melibur mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh unsur pemerintahan desa dan warga yang terlibat aktif dalam pelaksanaan gotong royong ini. Khusus untuk warga Kelurahan Teluk Belitung, RT/RW dan warga Desa Bagan Melibur yang sudah bersama-sama ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan bergotong royong hari ini, semoga dengan goro hari ini banjir di Desa Bagan Melibur khususnya tidak terjadi lagi kedepan, harap Nadi.

Untuk itu, mari sama-sama kita pertahankan kekompakan seperti ini dalam rangka membantu Pemerintah kedepan membangun daerah kita yang lebih baik, ungkap Kades Isnadi.(Andi)

By redaksi