Sun. May 26th, 2024

 

Bengkalis, 24 Oktober 2023

 

Pesisirnasional.com|BENGKALIS-Sudah masuk malam kedua, lampu Penerangan Jalan Umum ( PJU) di Bengkalis mengalami mati total. Sehingga Bengkalis saat malam menjadi gelap gulita bila dilihat di sepanjang jalan umum yang ada. Sebagaimana pemantauan awak pesisirnasional.com disaat malam hari. Selasa (24/10/2023)

 

Semula awak pesisirnasional.com, sehari sebelumnya, kejadian lampu PJU mati malam hari dianggap kejadian biasa. Namun setelah mendapat informasi dari Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Kawan Mencari Keadilan (P-KPK) H. Ahmad Effendi, SE, MSc, mengabari Kepala Biro ( Kabiro) Pesisirnasional.com Bengkalis, perihal situasi kenapa lampu PJU mati, barulah awak Pesisirnasional.com menyadari apa sebenarnya yang telah terjadi.

 

Sebagaimana informasi diberikan oleh Ketum P-KPK kepada Biro Pesisirnasional.com Bengkalis, berdasarkan rilis yang telah disampaikan melalui WA Kabiro Bengkalis. Senin (23/10/2023).

“Press Release Ketum P-KPK”

Kita harus menelan pil pahit lagi persoalan Penerangan Lampu Jalan yang harus dimatikan terhitung mulai malam ini.

Hal tersebut sesuai penjelasan Manajemen PLN Bengkalis BOY kepada Ketua Umum Pusat Perkumpulan Kawan Pencari Keadilan (P-KPK) Senin,25/10/2023 sore.

Mengingat Manajemen PLN telah menyurati Bupati Bengkalis berkaitan pemutusan sementara karena adanya tunggakan yang lumayan jumlahnya.

Dengan kejadian tersebut maka seluruh masyarakat agar waspada dimalam hari ketika berkendaraan maupun berjalan kaki di jalan raya.

Hati-hati terjadi perbuatan yang tidak diinginkan seperti rampok/copet/begal dan lain-lain.

Perlu kiranya penjelasan Bupati Bengkalis melalui  Dinas Perhubungan Kab.Bengkalis selaku pengelola Penerangan Lampu Jalan.

Dan mencari solusi dalam bentuk lobi-lobi ke pihak PLN Dumai yang membawahi Bengkalis atau ke PLN Wilayah Riau agar bisa memberikan kelonggaran untuk menyelesaikan separuh tunggakan bulan lalu (September 2023) ditambah tunggakan bulan ini (Oktober 2023). Mengingat Penerangan Lampu Jalan merupakan kepentingan masyarakat banyak.

 

Dalam kontak telpon Ketum P-KPK kepada Biro Bengkalis menyampaikan, ” Sesuai apa yang disampaikan, selaku masyarakat, tentu bertanya-tanya, kenapa lampu PJU mati, sebenarnya apakah mati lampu ini wajar atau tidak, makanya saya bertanya ke pihak PLN apa sebenarnya terjadi. Sesuai penjelasan Manajemen PLN Bengkalis BOY, barulah tahu apa sebenarnya terjadi. Ternyata Manajemen PLN telah menyurati Bupati Bengkalis berkaitan pemutusan sementara karena adanya tunggakan yang lumayan jumlahnya. Sebagaimana sudah dijelaskan dalam rilis saya ke media Pesisirnasional.com” Jelas Ahmad Effendi.

 

Dari informasi Ketum P-KPK, awak pesisirnasional.com melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada Manajemen PLN Bengkalis. Untuk mendapatkan penjelasan terkait yang disampaikan Ketum P-KPK, berkaitan matinya lampu PJU di Bengkalis. Selasa (24/10/2023).

 

Dari hasil pertemuan, pihak Manajemen PLN Bengkalis, meminta kepada awak media pesisirnasional.com, agar diijinkan melakukan rilis tentang situasi sebenarnya yang terjadi. Permintaan Manajemen PLN Bengkalis disetujui, dengan tujuan agar apa yang sebenarnya terjadi bisa lebih jelas.

 

” Sebenarnya apa yang disampaikan Ketum P-KPK sudah benar, namun ijinkan kami dari Manajemen PLN Bengkalis bisa merilis lengkap apa yang terjadi. Agar masyarakat bisa lebih memahami situasinya dan demi menghindari salah dalam penerimaan informasi sebenarnya ” Pinta Manajemen PLN Bengkalis “Boy”.

” Press Release Manajemen PLN Bengkalis ”

PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Bengkalis menghentikan sementara supply aliran listrik untuk Penerangan Jalan Umum ( PJU ) Kabupaten Bengkalis terkait belum adanya realisasi pembayaran tagihan listrik. Penghentian sementara ini dilakukan setelah adanya komunikasi antara PLN Bengkalis dengan Pemda Bengkalis dalam hal ini Dinas Perhubungan, dari komunikasi tersebut Dishub belum dapat memastikan kapan tagihan listrik PJU bisa dibayarkan. Tagihan listrik yg belum terbayarkan adalah bulan september (terhutang 900 jt) dan oktober 2023.

PLN Bengkalis juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan perihal penghentian aliran listrik ini ke Pemda Bengkalis pada tanggal 23 Oktober 2023.

Manager PLN Bengkalis Menyampaikan permohonan maaf ke semua pihak yang terganggu akibat penghentian aliran listrik untuk Penerangan Jalan Umum ini, ” Kami berharap penyelesaian pembayaran tagihan listrik untuk Penerangan Jalan Umum dapat segera terbayarkan dibulan oktober ini”, PLN Bengkalis. Selasa(24/10/2023).

 

Di tempat berbeda, saat awak media pesisirnasional.com mendatangi Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis ( DISHUB), untuk menemui Bidang berkompeten perihal lampu PJU. Langsung menemui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (LALIN) JEFFRI, ST diruangan kerja Kabid. Lalin. Selasa (24/10/2023).

 

Dijelaskan Kabid, apa yang terjadi dengan matinya Lampu PJU, mulai Senin malam itu benar. Namun tunggak bayar PJU ke PLN bukan hal yang disengaja, melainkan situasi keuangan untuk pelunasan tersebut belum ada. Pihak Dishub sudah berusaha melakukan koordinasi keberbagai pihak termasuk kepada Manajemen PLN Bengkalis, namun karena tunggakan lama masih ada, pihak PLN tidak bisa memberikan penangguhan atas tambahan tunggakan yang lain. Pihak Dishub hanya bisa menunggu anggaran APBD Perubahan segera bisa dicairkan, karena dari sanalah untuk pembayaran tunggakan bayar Lampu PJU nantinya. Pihak Dishub juga sudah berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) agar bisa membantu penyelesaian pembayaran tunggakan lampu PJU, jawabannya sama yaitu menunggu pencairan APBD Perubahan tahun ini.

“Matinya lampu PJU bukan disengaja Dishub selaku pelaksana teknis penerangan lampu jalan umum. Kami sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi, namun kondisi keuangan masih menunggu cairnya APBD Perubahan yang sudah disahkan. Koordinasi berbagai pihak sudah kami lakukan, baik koordinasi internal Pemkab Bengkalis maupun koordinasi kepada Manajemen PLN Bengkalis. Namun terpaksa kejadian matinya lampu PJU jalan umum harus terjadi. Semoga segera APBD Perubahan bisa dicairkan atau segera dapat solusi yang bisa menyelesaikan situasi yang terjadi. Kepada seluruh masyarakat kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi, doakan semoga segera lampu PJU nyala kembali” harap JEFFRI.

 

Semoga matinya lampu PJU di Bengkalis, segera mendapatkan solusi dan jalan keluar yang bijaksana, sehingga kejadian mati lampu jalan umum ini segera berakhir dan kembali terang benderang. Semoga semua pihak yang berkaitan, bisa segera menyelesaikan persoalan ini demi kepentingan masyarakat banyak.  [3K3-01]

 

Sumber  :  Tim Jurnalis