Sat. Jul 13th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan Nasir, M.Si resmi melantik Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Tanjung Padang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, M. Nazir. Dimana pelantikan Pj Kades Tanjung Padang kali ini dilakukan menggantikan Kades definitif almarhum Abu Sopian yang meninggal dunia belum lama ini. Pelantikan tersebut mengambil tempat di halaman Kantor Desa Tanjung Padang, Senin (24/8/2020).

Turut hadir bersama Bupati, Asisten I Sekdakab Meranti, Syamsuddin SH MH, Kepala Bappeda Meranti, Drs. H. Azza Fahroni, Kepala Dinas Perhubungan Meranti, Dr. Aready, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Meranti, H. Edi M. Nur, Kabag Humas dan Protokol Meranti, Rudi SAg MH, Camat Tasik Putri Puyu, Sugiati SPI MSi, Sekcam Tasik Putri Puyu, T. Mahadar, perwakilan PT. RAPP Soesilo, tokoh masyarakat, tokoh agama dan komponen lainnya.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Bupati Irwan diikuti oleh Kades M. Nazir yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Camat Tasik Putri Puyu, Sugiati SPI MSi dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Kepulauan Meranti beserta rombongan untuk melakukan pelantikan Pj Kades Tanjung Padang dan yang paling utama adalah untuk silahturahmi serta bertatap muka langsung dengan masyarakat Tasik Putri Puyu yang sangat dicintainya.

“Terima kasih atas kedatangan Pak Bupati, semoga pertemuan ini dapat mengobati kerinduan dengan masyarakat Tasik Putri Puyu. Ucapan terima kasih juga disampaikan Camat kepada Bupati Meranti atas perhatiannya dan komitmennya selama ini dalam mengesa pembangunan di wilayah Kecamatan Tasik Putri Puyu”, pungkas perempuan nomor satu di Pemerintahan Tasik Putri Puyu tersebut.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir MSi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada M. Nazir sebagai Pj Kepala Desa Tanjung Padang, tentunya dengan dilantiknya M. Nazir akan membuat tugas semakin berat karena merangkap jabatan sebagai Kasi di Kecamatan Tasik Putri Puyu.

Sembari itu juga, orang nomor wahid di Pemkab Meranti tersebut juga mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada Kades yang lama Abu Supian yang telah mendahuli kita bersama berpulang kerahmatullah. Dilantiknya M. Nazir sebagai Pj Kades Tanjung Padang menurut Bupati Irwan adalah garis tangan karena sejatinya Kepala Desa dipilih langusng oleh masyarakat bukan ditunjuk oleh Bupati. Oleh karena itu diingatkannya bahwa jabatan Kades dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Rangkul semua elemen masyarakat terkait bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa dengan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat,” tegas Bupati.

Lebih lanjut Bupati H Irwan mengatakan, Desa Tanjung Padang sebagai Desa yang paling jauh dari Kabupaten tentunya informasi semakin minim didapatkan, untuk itu Pj Kades harus lebih sensitif terhadap segala informasi dari Kabupaten apalagi yang menyangkut program pembangunan.

Seperti kebutuhan strategis yang hingga saat ini diidamkan masyarakat di Dusun Tanjung Padang dan Dusun Sungai Labu yang belum teraliri listrik PLN dengan maksimal. Pemerintan Desa dan Kecamatan harus bisa mengupayakan 2 Dusun yang belum teraliri listrik PLN bisa terelasiasi, karena sebelumnya Pemkab Meranti telah memfasilitasi kerjasama dengan PT. EMP Malacca Strait SA yang berjanji akan mendukung peningkatan elektrifikasi di seluruh Desa Tanjung Padang, beber Bupati.

Tak lupa juga Bupati dua periode di Kepulauan Meranti itu mengingatkan seluruh masyarakat yang mana ditengah Pandemi Covid-19 saat ini diharapkan masyarkat dapat menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara konsisten. Agar penyebaran virus corona Covid-19 yang memiliki daya tular luar biasa ini tidak terjangkit warga Meranti khususnya masyarakat Tasik Putri Puyu, dan yang paling dikhawatirkan adalah jika jumlah pasien membludak menyebabkan daya tampung pasien Covid-19 overload.

“Untuk itu kita perlu menjaga agar tidak terjadi penularan secara masif dengan mematuhi protokol kesehatan, jika susah mendapatkan masker Camat segera koordinasi dengan Kadiskes untuk penyediaan maker, tempat cuci tangan dan lain sebagainya demi kepentingan kesehatan kita bersama” ujar Bupati.

Selain itu agar stabilitas ekonomi tetap terjaga, Bupati H Irwan mengajak semua masyarakat untuk memanfaatkan semua potensi sumber daya alam dengan baik. Saat ini kita akan terus berupaya mengangkat ekonomi lokal dengan fokus mengembangkan potensi Sagu dan potensi lainnya seperti kopi, kelapa dan lain-lain untuk menjamin masyarakat punya usaha potensial yang berkelanjutan, jelas Bupati.

Sebagai penutup Bupati menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Kepulauan Meranti dimana sebelum mengakhiri masa jabatannya pada pertengahan bulan Februari 2021 mendatang. Mohon maaf lahir dan batin jika selama kepemimpinan saya ada terdapat salah dan janji-janji yang belum terealisasi, pungkasnya.(Andi)

By redaksi