Fri. Jun 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Berbagai upaya terus dilakukan pihak Pemerintah Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mencegah dan mengantisipasi wabah penyakit Corona Covid 19 agar tidak ada korban dari wabah virus tersebut khususnya bagi masyarakat Kecamatan Merbau.

Seperti yang dilakukan pada hari ini Rabu (25/03/2020), terlihat Camat Merbau, Abdul Hamit, S.ThI.MM beserta Staf didampingi personil Polsek Merbau, Personil Danramil Merbau, Syahbandar Merbau dan Satpol PP Kecamatan Merbau melakukan himbauan melalui pengerasan suara di setiap daerah wilayah kerjanya.

Melalui pengeras suara tersebut, orang nomor satu di Kecamatan Merbau itu menghibau agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah wabah penyakit Corona Covid 19 dengan menjaga pola hidup bersih.

Dikatakannya, diberitahukan khususnya masyarakat desa pelantai, terkait himbauan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama pemerintah dan UPIKA Kecamatan Merbau dalam mengatasi virus corona Covid 19. Jadi kita diminta untuk tenang jangan panik dan tetap menjaga kewaspadaan, selanjutnya kita juga diminta menjaga pola hidup bersih dengan mencuci tangan setiap hari, ucap Camat Merbau.

Dirinya berpesan, agar disetiap kantor desa untuk disiapkan tempat cuci tangan bagi masyarakat saat pelayanan, selanjutnya ia juga menghimbau untuk sementara waktu agar tidak melakukan aktifitas yang sifatnya mengumpul orang ramai seperti pesta pernikahan, keduri dan lain-lain.

Selain itu, kita juga dilarang berpergian keluar daerah/luar negeri, jika Bapak/ibu yang mungkin ada keluarganya baru pulang dari luar daerah (malaysia) untuk segera melapor kepada RT, RW maupun Pemerintaha Desa/Kelurahan sehingga bisa dibantu oleh dinas Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Mantan Camat Tebing Tinggi itu juga menegaskan, jika masyarakat tersebut tidak mau diperiksa kesehatannya maka kami dari pemerintah Kecamatan Merbau melalui dinas Kesehatan akan mendatangi langsung rumah yang bersangkutan untuk dilakukan pemeriksaan. Kita semua harus berhati-hati jangan anggap remeh penyakit ini.

Disarankannya, apabila kita ada gejala batuk, demam atau panas tinggi agar segera memeriksakan diri di Puskesmas Teluk Belitung. Untuk itu, mari kita dukung program pemerintah guna mengantisipasi wabah penyakit corona ini demi keselamatan dan kesehatan kita bersama. Kita sama-sama berdoa semoga seluruh masyarakat Kecamatan Merbau khususnya dan masyarakat Kepulauan Meranti pada umumnya selalu dalam lindungan Allah SWT dan dihindarkan dari wabah penyakit corona ini, ungkap Camat Abdul Hamid berharap.(Ali Sanip)

By redaksi