Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah wabah virus corona Covid-19 yang saat ini terus marak terjadi di penjuru dunia, Pemerintah Kecamatan Merbau melalui UPT Dinas Kesehatan Puskesmas Teluk Belitung menggelar sosialisasi pembuatan desenfektan dan handscrab dengan lintas sektor se Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Sosialisasi tersebut dipusatkan di balai penyuluhan KB yang terletak di jalan Nendod Puskesmas Kelurahan Teluk Belitung, Selasa (24/03/2020).

Rapat sosialisasi selain dihadiri Kepala UPD Puskesmas Teluk Belitung, dr. H. Suhadi didampingi beberapa tenaga medisnya, juga hadir Camat Merbau, Abdul Hamid, S.ThI.MM, Kapolsek Merbau, IPTU. Saharuddin Pangaribuan, Danramil Merbau, Kapten. Inf. Syafrilis, Korwil Pendidikan Kecamatan Merbau, Gamal Iskandar, Ama.Pd, Lurah Teluk Belitung, Indat, Ama.Pd, UPT Dinas Perhubungan Laut Kecamatan Merbau, Abdul Munir, SH, sejumlah kepala desa se Kecamatan Merbau dan komponen lainnya.

UPD Puskesmas Teluk Belitung, dr. H. Suhadi saat dikonfirmasi pesisirnasional.com usai sosialisasi tersebut membenarkan dan mengatakan, tadi kita rapat sosialisasi pembuatan desenfektan dan handscrab dengan lintas sektor. Dalam sosialisasi ini kita kerjasama seluruh UPK Kecamatan Merbau termasuk juga melibatkan lurah dan kepala desa se Kecamatan Merbau.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah virus corona Covid 19 yang berkembang diwilayah Meranti. Bahkan saat ini pihaknya melakukan deteksi dini terhadap semua penumpang kapal atau speed boad tanpa terkecuali, terutama andaikan setiap warga yang pulang dari Negara Malaysia, beber Suhadi.

Diakuinya, peralatan kita disini masih tergolong minim, yang ada termometer degital buat alat pendeteksi itu sekarang lagi kita pesan dan sulitnya alat tersebut tidak ada dijual ditempat umum, sehingga butuh waktu dan proses untuk kita milikinya, beber Suhadi.

Dalam kesempatan itu, Ia berpesan dan berharap kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Merbau, untuk mencegah Covid 19 ini mari sama-sama mendukung program dan intruksi dari Pemerintah, terus tingkatkan kewaspadaan, jaga jarak, bersih tangan setelah beraktifitas diluar rumah, dan lebih baik jangan keluar rumah terkecuali ada hal penting. Ini semua perlu kita lakukan untuk kebaikan kita bersama dan membantu Pemerintah agar lebih cepat mengatasi virus corona yang saat ini kita khwatirkan, pungkas Suhadi berharap.

Camat Merbau, Abdul Hamid, S.ThI.MM saat dikonfirmasi terkait sosialisasi tersebut dihari dan tanggal yang sama mengatakan, sosialisasi tadi mendaur ulang zat antiseptic untuk di semprotkan ditempat fasilitas umum, seperti di Masjid, Pasar, Bank dan lain-lain.

Kami juga berharap para petugas di lapangan agar memakai masker dan alat pelindung yang lainnya sesuai dengan arahan Pak Bupati, beliau sudah menyampaikan kepada Pak Sekda serta menghimbau kepada Dinas Kesehatan agar menyiapkan masker dan di bagikan ke masyarakat di setiap daerah.

Diakuinya, karena sekarang kita sedang keterbatasan masker, banyak petugas di lapangan ada yang memakai masker dan ada juga yang tidak, kami berharap pada saat speed boat masuk petugas menggunakan masker yang ada terlebih dahulu, pesan Camat Merbau tersebut.

Selain itu juga kita menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Merbau agar segala aktifitas seperti kenduri, pesta pernikahan serta kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak untuk sementara jangan dulu lah, karena kita tidak tahu siapa saja yang terindikasi virus ini. Kecuali kegiatan sholat berjamaah, imbuh orang nomor satu di Kecamatan Merbau.

Selain itu juga kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan budayakan hidup bersih seperti rutin mencuci tangan jika sudah beraktifitas di luar rumah agar dapat membersih diri seperti mandi terlebih dahulu. Intinya budayakan hidup bersih, agar dapat mencegah terjadinya hal yang tidak di inginkan, pesannya lagi.

Diakuinya, tadi malam kami dari pihak UPIKA Kecamatan Merbau juga sudah melakukan pengamanan tempat keramaian seperti warnet, tempat bermain domino dan semua tempat berkumpulnya masyarakat di Teluk Belitung kami amankan, ini semua demi mencegah dari wabah covid-19 di daerah kita khususnya di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, ungkap Camat Abdul Hamid.(Ali Sanip)

By redaksi