Sun. May 26th, 2024

Pesisirnasional.com|Bengkalis -Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin diwakili Kasdim, Mayor Arh. Sudiyono menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan RKPD Kab. Bengkalis TA. 2025 bertempat di Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Jln. Antara. Ds. Senggoro. Kec. Bengkalis. Kab. Bengkalis Jum’at Pukul 09.50 Wib, (08/3/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Kasdim, Mayor Arh. Sudiyono. Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos.MMP. Wakil Ketua DPRD Kab. Bengkalis, Sofyan,S.Pd.i. Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Diwakili Dwi Kurnia Putra, ST, MM. Polres Bengkalis diwakili Kabag SDM, Kompol Agus Pranata. Ketua Kejaksaan Bengkalis diwakili Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bengkalis, Vegi Vernandes.SH. Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, S.H. Kepala Bapeda Kab. Bengkalis, Bpk. Rinto,SE,M.Si. Sekretaris Bengkalis , Dr. Ersan Syaputra.TH. Para sahli lingkup Bengkalis. Kasat Pol PP kab. Bengkalis, Hengki Irawan. SH. Para kepala OPD lingkup Bengkalis. Ketua BAZNAS Bengkalis, Ismail.S.Sos. On

Sambutan Bengkalis,

– Perlu kami tegaskan pada kesempatan ini, bahwa tahun 2025, merupakan tahun awal dari pelaksanaan RPJMD kab. Bengkalis tahun 2025-2029, sekaligus merupakan tahun transisi perencanaan jangka panjang daerah, RPJPD kab. bengkalis tahun 2025-2045.

– Karena sifatnya “menjembatani”, maka sangat besar kemungkinan rencana kerja perangkat daerah tahun 2025 untuk kembali dilakukan penyesuaian dan penyelarasan sesuai dengan perubahan kebijakan strategis di kabupaten bengkalis serta tetap mengacu kepada mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

– Berdasarkan indikator makro pembangunan tahun 2023, kita dapat melihat bahwa angka indeks pembangunan manusia (IPM) berada pada 74,97 point. sebuah angka yang menunjukkan Kabupaten Bengkalis sedang bergerak ke arah kondisi ideal IPM suatu daerah.

– Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi tersebut, kabupaten bengkalis pada tahun 2023 juga telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan menjadi sebesar 6,31 persen dan tingkat pengangguran turun menjadi 7,09 persen. sedangkan kondisi ketimpangan atau rasio gini tahun 2023 dapat ditekan sebesar 0,300 point. tentu saja, angka-angka tersebut merupakan ukuran keberhasilan yang harus dapat kita pertanggung-jawabkan lebih lanjut dalam bentuk upaya mempertahankan dan meningkatkan capaiannya melalui sejumlah penyempurnaan, peningkatan efektifitas maupun akuntabilitasnya.

– Dengan empat prioritas pembangunannya yaitu,

1) Prioritas pertama adalah, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dengan fokus dan agenda, diantaranya: peningkatan kualitas pendidikan melalui fungsionalisasi dewan pendidikan kabupaten bengkalis, fungsionalisasi rumah sakit pratama di pulau rupat, sebagaimana pernah kami sampaikan pada musrenbang kecamatan rupat dan rupat utara. kemudian, optimalisasi cakupan uhc yang saat ini telah mencapai angka 100 persen perlu kita jaga dan sempurnakan pada tataran implementasinya. karena jaminan kesehatan ini sangat penting bagi masyarakat dalam menunjang, peningkatan kualitas dan derajad kesehatan di kabupaten bengkalis.

2) Prioritas kedua adalah, pemantapan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta perbaikan kapasitas fiskal daerah. fokus dan agenda pada prioritas ini antara lain: pengelolaan alokasi dana desa dan dana bermasa berbasis kinerja dan desa penghasil. hal ini dimaksudkan, agar setiap desa nantinya dapat melakukan peran aktifnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan asli desanya.

3) Prioritas ketiga yang menjadi focal point adalah penyediaan infrastruktur dan penataan kawasan yang berkelanjutan, dengan beberapa fokus dan agenda yang akan dilaksanakan diantaranya yaitu: optimalisasi layanan ro-ro antar pulau beserta infrastruktur pendukungnya, konektivitas jalan poros dan lingkar wilayah dan antar wilayah tetap menjadi agenda yang terus diupayakan khususnya rencana pembangunan dan peningkatan akses yang dapat memberikan dampak besar bagi pemerataan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

4) Prioritas keempat adalah peningkatan daya saing ekonomi masyarakat dan pengembangan industri kreatif daerah. ada beberapa fokus dan agenda, diantaranya: ketahanan pangan masyarakat melalui peningkatan produksi tanaman pangan lokal dan stabilitas harga pangan pokok serta menjamin ketersediaan pasokan bahan pangan di daerah.

– Dapat kami sampaikan juga target dari proyeksi indikator pembangunan kabupaten bengkalis tahun 2025 adalah sebagai berikut,
– Pertumbuhan ekonomi ditargetkan pada rentang pertumbuhan 2,08 persen hingga 2,15 persen.
– Untuk target penurunan angka kemiskinan diproyeksikan pada rentang 5,85 persen hingga 5,68 persen.
– Angka pengangguran di targetkan turun dalam rentang 6,58 persen hingga 6,15 persen.
– Sedangkan target indeks pembangunan manusia diproyeksikan berada pada kisaran 76,22 point hingga 76,4 point,
– Untuk rasio gini ditargetkan dapat ditekan pada angka 0,246 point hingga 0,242 point.

 

Pukul 11.40 WIB kegiatan selesai dalam keadaan aman dan kondusif. Demikian yang diterima Tim Jurnalis, (3K3-04).

Sumber :  Pen-Dim 0303 – Koramil 01/Bengkalis

Editor    :  Redaksi 3k3.ci.id Group/Pesisirnasional.com