Fri. Mar 1st, 2024

PesisirNasional.com – Kelompok Separatis Teroris (KST) di Papua sedang meningkat beberapa waktu terakhir. Padahal saat ini, di Papua sedang digelar perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Papernas XVI.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, hajat pesta olahraga itu berlangsung aman dan lancar.

“Dari sudut keamanan sudah menyiapkan dengan sebaik-baiknya, kita berusaha menutup setiap peluang sekecil apapun untuk terjadi ketidaktertiban dan ketidakamanan,” kata Mahfud, dalam siaran persnya, di Jakarta. Demikian diksui Jumat.

Menjawab adanya potensi gangguan keamanan di sejumlah wilayah di Papua,Mahfud meminta agar masyarakat di empat klaster wilayah yang menjadi tempat penyelenggaraan PON tetap tenang. Sebab di wilayah itu sampai saat ini dipastikan kondusif.

Dalam menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional tersebut, Mahfud menegaskan pemerintah telah memperkuat koordinasi dengan semua daerah yang mengirimkan kontingen.

“Dengan demikian semua masyarakat diharapkan dapat tenang, serta turut serta dalam menyukseskan pelaksanaan PON. Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan pusat dan daerah, bukan hanya dengan daerah Papua tapi juga dengan daerah lain yang akan mengirim kontingen ke sana dan seluruhnya sudah dipersiapkan dengan baik dari segi keamanan maupun dari segi-segi teknis dan fasilitas yang diperlukan,” jelas Mahfud.

PON direncanakan akan dibuka oleh Presiden Jokowi pada 2 Oktober mendatang. Untuk memaksimalkan persiapan, Menko Polhukam Mahfud MD direncanakan akan melakukan peninjauan kembali ke sejumlah lokasi pelaksanaan PON di Papua.

“Saya nanti akan melakukan gladi bersih di saat- saat terakhir sebelum tanggal resmi dibuka. Tanggal resmi dibuka sekitar tanggal 2 Oktober. Mungkin tanggal 1 Oktober saya akan gladi bersih di Papua,” ujarnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menambahkan, pelaksanaan PON yang berlangsung di Papua menunjukkan bahwa Bumi Cendrawasih memiliki kesempatan sama untuk maju, seperti provinsi lainnya di Indonesia.

“Jadi semuanya mari kita sambut ini dengan gembira sebagai pesta olahraga yang ingin memajukan kita semua, dalam keadaan setara setiap provinsi. Punya kesempatan yang sama dan punya pelayanan yang sama dari pemerintah pusat untuk maju,” kata Mahfud. [lia]

Sumber: Merdeka

By redaksi