Sun. May 26th, 2024

Bengkalis, 15 November 2023

 

Pesisirnasional.com|BENGKALIS- Dalam mengantisipasi dan mencegah potensi konflik serta menjamin pelaksanaan pemilu yang damai, Satuan Tugas Preemtif Operasi Mantap Brata Lancang Kuning (OMBLK) periode 2023-2024 Polres Bengkalis telah mengintensifkan upaya sosialisasi di seluruh wilayah hukum Polres Bengkalis. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen Polres Bengkalis dalam menciptakan iklim pemilu yang aman, kondusif, dan penuh dengan nilai-nilai demokratis. Rabu(15/11/2023)

 

Satgas Preemtif OMBLK Polres Bengkalis yang di pimpin oleh Kasat Binmas AKP J.A.Purba merancang serangkaian kegiatan sosialisasi yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat, termasuk kelompok pemuda, tokoh masyarakat, dan elemen-elemen lainnya. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya menjaga perdamaian selama proses pemilihan serta mendorong partisipasi yang aktif dalam proses demokrasi.

 

Dalam serangkaian kegiatan sosialisasi, Satgas Preemtif OMBLK Polres Bengkalis menyampaikan informasi terkait norma-norma demokrasi, hak dan kewajiban masyarakat dalam pemilu, serta dampak positif dari partisipasi aktif dalam proses demokratis. Selain itu, pentingnya penyelesaian konflik melalui jalur damai dan hukum juga ditekankan agar proses pemilu berlangsung dengan lancar tanpa adanya gangguan keamanan.

 

Sosialisasi tidak hanya dilakukan secara konvensional melalui pertemuan tatap muka, namun juga memanfaatkan media sosial dan teknologi informasi untuk mencapai lebih banyak lapisan masyarakat. Kampanye digital, webinar, dan distribusi materi informatif menjadi bagian dari strategi komprehensif Satgas Preemtif OMBLK Polres Bengkalis untuk memastikan pesan damai dan demokratisasi tersebar luas.

 

Satgas Preemtif OMBLK Polres Bengkalis juga berkolaborasi dengan pihak terkait, seperti lembaga pemantau pemilu, organisasi masyarakat sipil, dan instansi pemerintah setempat, untuk meningkatkan efektivitas kampanye sosialisasi. Kebersamaan ini menjadi pondasi kuat dalam menciptakan pemahaman yang menyeluruh tentang pentingnya menjaga ketertiban dan perdamaian selama periode pemilu.

 

Dengan gencarnya sosialisasi ini, Satgas Preemtif OMBLK Polres Bengkalis berharap masyarakat dapat menjadi agen perdamaian, menerima perbedaan pendapat dengan bijak, dan berpartisipasi dalam pemilu dengan sikap yang bertanggung jawab. Semua ini diarahkan untuk menciptakan iklim pemilu yang kondusif, di mana setiap warga negara dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan tanpa rasa takut.  (3K3-03)

Sumber   : Humas Polres Bengkalis