Fri. Jun 14th, 2024

PesisirNasional.com – Sejumlah pengendara terjaring razia di depan Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Pidie, Aceh. Mereka yang melanggar tak dikenakan tilang, melainkan diarahkan ke halaman Mapolres lalu diminta ikut vaksinasi Covid-19.

Razia digelar Satlantas Polres Pidie dalam rangka Operasi Patuh Seulawah 2021. Para pengendara akan diperiksa surat-surat kendaraannya hingga kelengkapan protokol kesehatan.

“Awalnya para pengendara yang melanggar lalu lintas merasa cemas karena biasanya dalam razia, mereka selalu ditilang. Tapi kali ini beda, pelanggar justru diberikan kursi yang nyaman beserta minuman dingin, kemudian mereka diberikan penyuluhan terkait Covid-19 dan manfaat vaksin,” kata Kasatlantas Polres Pidie AKP Sandy Titah Nugraha, Jumat (24/9).

Dia menjelaskan, pengendara yang belum disuntik vaksin Covid-19 ditawari vaksinasi secara gratis. Pada Kamis (23/9) kemarin, 278 orang pengendara yang terjaring razia bersedia divaksin.

“Sedangkan bagi yang sudah melaksanakan vaksinasi, mereka dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Operasi Patuh Seulawah 2021 sudah berlangsung sejak 20 September dan rencananya berakhir sampai 30 Oktober 2021 mendatang. Untuk menyukseskan operasi itu, Polres Pidie membuat program “Garansi” atau singkatan dari “Melanggar Tukar Vaksinasi”.

“Kita tak menilang warga, melainkan meminta untuk mau ikut vaksinasi supaya cepat mencapai herd immunity, khususnya di Kabupaten Pidie,” jelas Sandy. [yan]

Sumber: Merdeka

By redaksi