Sun. May 26th, 2024

Majalengka, 18 Desember 2023- Peran strategis UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional sangat signifikan. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sektor UMKM berkontribusi 60,5% terhadap PDB nasional sepanjang tahun 2023 dengan jumlah pelaku UMKM yang terdaftar dalam sistem data OSS Kementerian Koperasi dan UMKM sebanyak 10 juta unit. Di lain sisi, sektor UMKM juga telah mempekerjakan 117 juta tenaga pekerja hingga tahun 2023, atau 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“Peran pemerintah, baik pusat maupun daerah, dalam mendorong pertumbuhan bisnis UMKM sangat dibutuhkan mengingat UMKM memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar pembicara  dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud Nikson Nababan pada kegiatan Smart Circle ajang interaksi pelaku UMKM se Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (17/12).

Nikson Nababan memaparkan pengalamannya sebagai Bupati Tapanuli Utara yang mendorong pertumbuhan bisnis UMKM di Kabupaten Tapanuli Utara.

“Kami membuka galeri UMKM, memfasilitasi pengurusan legalitas seperti akta notaris, fasilitas infrastruktur untuk kebutuhan jualan, dan juga pelatihan digital dan pendampingan kegiatan pemasaran produk UMKM,” kata Pembina organisasi Gema Perjuangan Maharani (GPMN) ini.

Di hadapan ratusan pelaku UMKM se Kabupaten Majalengka, Nikson Nababan juga menjelaskan program-program pasangan Ganjar – Mahfud terkait kemajuan sektor UMKM. Upaya menumbuhkembangkan bisnis UMKM akan dilakukan secara menyeluruh.

“Dari sisi hulu terkait regulasi dan aturan, ketersediaan bahan baku, akses permodalan, akses pasar dan keahlian dalam memasarkan produk secara nasional dan internasional sudah terangkum dalam program-program yang akan dijalankan oleh pasangan Ganjar – Mahfud jika terpilih nanti. Akses permodalan adalah masalah yang paling umum yang dihadapi banyak pelaku UMKM kita. Pak Ganjar telah merangkum dalam visi – misi dan programnya bahwa setidaknya minimal 35% alokasi kredit perbankan harus diperuntukkan bagi koperasi, pelaku UMKM dan perusahaan rintisan,” jelas Nikson Nababan.

Menurut Nikson keseriusan pasangan Ganjar – Mahfud dalam menumbuhkembangkan bisnis UMKM perlu didukung oleh masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di tanah air.

“Memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam menumbuhkembangkan bisnisnya tentunya berkaitan erat dengan target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 7% per tahun yang dicanangkan pasangan Ganjar – Mahfud. Ini adalah langkah konkrit bagi kita mewujudkan visi Indonesia Unggul. Pelaku UMKM di tanah air bukan saja memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional, tetapi juga menjadi pelaku utama dalam mewujudkan visi Indonesia Unggul,” jelas Nikson Nababan.

Kegiatan Smart Circle ajang interaksi pelaku UMKM se Kabupaten Majalengka diselenggarakan oleh Pengurus Daerah GPMN Kabupaten Majalengka. Menurut Ketua Umum GPMN Daddy Palgunadi, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Pemenangan Pilpres Ganjar – Mahfud yang diselenggarakan oleh GPMN di sejumlah wilayah di tanah air.

“Kegiatan sosialisasi Pemenangan Pilpres Ganjar – Mahfud di masa Kampanye Terbuka ini merupakan ajang pertemuan kami dengan segenap lapisan masyarakat untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan pasangan Ganjar – Mahfud dengan masyarakat. Kami yakin rangkaian yang kami selenggarakan ini akan semakin memantapkan pilihan masyarakat kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud karena mereka semakin mengenal sosok kedua pasangan dengan nomor urut 3 itu, berikut visi – misi dan program – program yang mereka akan jalankan,” imbuh Daddy Palgunadi di sela – sela acara yang diadakan di Saung Eurih Majalengka itu.

Rangkaian kegiatan sosialisasi Pemenangan Pilpres Ganjar – Mahfud yang diselenggarakan oleh GPMN juga berjalan di sejumlah daerah seperti di DKI Jakarta, Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Daddy Palgunadi menambahkan bahwa rangkaian kegiatan ini juga akan diselenggarakan di daerah lainnya seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Papua, dan NTT.

“Kami akan memanfaatkan masa Kampanye Terbuka ini seoptimal mungkin agar masyarakat semakin mantap dalam memberikan dukungan terhadap pasangan Ganjar – Mahfud pada 14 Februari mendatang,” tutup Daddy Palgunadi.

Kegiatan Smart Circle ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Majalengka sekaligus Ketua TKRPP Ganjar – Mahfud Majalengka Tarsono D. Mardiana, Ketua KADIN Kabupaten Majalengka Dena Muhammad Ramdhan dan Bendahara DPP Konco Rambut Putih (KRAPU) Anto Rohmawan.

 

*Tim Media Center GPMN*