BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pengurus didikan subuh Masjid Al- Ihsan Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Khatam santri didikan subuh angkatan ke-1 tahun ajaran 2021-2022 sekaligus pengukuhan remaja Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung.Khatam santri didikan subuh ini merupakan agenda tahunan apabila berakhir proses belajar mengajar santri tingkat akhir Didikan Subuh (DDS).

Khatam Santri didikan Subuh kali ini mengambil tempat dihalaman Masjid Al – Ihsan Teluk Belitung yang terletak di jalan Sudirman Kelurahan Teluk Belitung.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Khalid Ali SE yang merupakan Ketua didikan Subuh Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung didampingi sejumlah pengurus didikan Subuh, Camat Merbau Indat AMa Pd didampingi Kasi Pemerintahannya, Hj. Wan Jumiati SE MSi, Danramil 06 Merbau Kapten INF Junaidi, Korwil Pendidikan TK/SD Kecamatan Merbau Gamal Iskandar AMa Pd, Ketua Yayasan Darul Madani Atriai Kecamatan Meranti juga menjabat sebagai Ketua LPTQ Kecamatan Merbau, Maksum SAg MA. Humas PT. ITA, Wan Zulfan, Tokoh masyarakat setempat, Ustadz Arifin SPdI, tokoh perempuan, alim ulama, dan komponen lainnya.

Ketua panitia pelaksana Samsul Arifin SPd dalam laporan penanggung jawabnya mengatakan, khatam Quran sudah lama di rancang apabila dikalangan anak didikan subuh DDS, sudah dianggap bisa membaca Al-Quran dengan sempurna.

Dikatakannya lagi, untuk mewujudkan khatam Al Quran, merupakan dapat memperdalam
ilmu agama Islam yang telah mampu menjadi remaja masjid dan musala, kedepan lebih baik. Terlaksananya kegiatan ini juga berkat sumbangan dana dari Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, bapak H Khalid Ali SE, dengan disuport dari PT. Imbang Tata Alam (ITA), dari dana infak Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, dan sumbangan dari hamba Allah yang sifatnya tidak mengikat, ungkap Samsul Arifin.

Ketua didikan subuh H. Khalid Ali SE dalam sambutannya mengatakan, saya tidak terduga dan terharu setelah melihat acara khatam Al-Quran yang telah dilaksanakan para anak didikan subuh. Saya berharap kepada orang tua wali santri harus semangat untuk mengantar anaknya di Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, begitu juga pada tahun ajaran ini silakan daftar anak bapak ibuk, pesan Khalid Ali.

Menurut Wakil Ketua DPRD yang di usung dari PDI Perjuangan itu menuturkan, saya mengajak dan berharap kepada bapak ibuk untuk mendukung program didikan subuh, mari kita didik anak kita pada pelajaran agama Islam, agar kedepan anak kita ter bimbing tentang agama, dan punya ilmu agama yang baik sebagai mana harapan kita bersama.

Dalam kesempatan itu tidak lupa dirinya mengucapkan terima kasih kepada ustadz dan ustazah yang penuh dengan pengorbanan tanpa pemberian yang terhitung, katanya, belum pernah mempertanyakan honorer yang dalam mendidik proses belajar dan mengajar, jelas Khalid Ali. Untuk itu demi kelancaran didikan subuh, kami dari pengurus siap menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun. Kemudian juga bagi anak yang sudah khatam Qur’an akan dikukuhkan menjadi remaja Masjid, pungkas Khalid Ali.

Camat Merbau Indat AMa Pd dalam sambutannya mengatakan, dari awal proses didikan subuh ini patut kita apresiasi, ini merupakan motifasi buat kita semua, mari kita ber ganding bahu mendukung program didikan subuh ini sehingga anak kita berhasil mengenyam ilmu agama yang patut kita dukung secara bersama, juga kepada pihak Perusahaan PT. ITA dab lainnya kami berharap dapat terus mensuport kegiatan positif khususnya dalam program didikan subuh generasi kita ini, kalau bapak ibuk punya harta yang banyak belum pasti bisa membawa kita pada jalan Allah, tapi apabila bapak ibuk meninggalkan ilmu bermanfaat buat orang tua dan akhirat, termasuk sedekah, itulah yang mengalir dan menjamin buat bekal akhirat, ungkap Camat Merbau seraya meniru pesan guru Hamka.(Ali Sanip)