Mon. Feb 26th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai bentuk upaya Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti dalam menggesa agar pengelolaan anggaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk 10 Desa Se Kecamatan Tasik Putri Puyu berjalan dengan baik dan maksimal, Pemcam bersama seluruh pengurus BUMDes melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi sekaligus membentuk forum BUMDes. Rakor kali ini dilaksanakan di ruang rapat Kantor Desa Bandul pada Selasa (25/8/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung orang nomor satu di Pemerintah Kecamatan Tasik Putri Puyu yang didampingi Pendamping BUMDes Kecamatan, pendamping Desa dan diikuti seluruh Direktur serta pengurus BUMDes se Kecamatan Tasik Putri Puyu.

Camat Tasik Putri Puyu, Sugiati SPI MSi saat dikonfirmasi media ini usai Rakor mengatakan, alhamdlillah pertemuan tadi telah membuahkan hasil yang baik dimana dari hasil pemaparan 10 Direktur BUMDes se Kecamatan Tasik Putri Puyu telah kita data, selain itu juga ada program BUMDes disejumlah Desa kita lakukan evaluasi sesuai kebutuhan desa masing-masing agar memang program tersebut betul-betul berjalan dengan baik dan maksimal.

Diakuinya, rakor yang kita lakukan ini tadi adalah rakor pertama bersama BUMDes se Tasik Putri Puyu, memang masih ada kita temukan beberapa Desa program BUMDes itu kurang berjalan maksimal, sehingga tadi kita coba berkoordinasi dan saling bertukar fikiran berdasarkan analisis ekonomi berbasis masyarakat agar memang apa yang menjadi harapan bersama bisa terwujud.

Lebih lanjut perempuan cantik berjilbab tersebut juga menuturkan, setelah kita lakukan rakor seperti itu tadi sambutan dan semangat kawan-kawan pengelola BUMDes se Kecamatan Tasik Putri Puyu terlihat sangat antusias, mereka merasa bersyukur bisa dibimbing dan siap mengsukseskan program BUMDes di Desa masing-masing kedepan.

Menurut Sugiati, hal ini penting kita dari Pemcam Tasik Putri Puyu melakukan kontrol dan bimbingan bersama karena sebagian dari pengurus BUMDes itu kan mereka masih ada yang baru dan belum memahami betul pengelolaannya, jadi memang perlu kita bimbing sehingga hasilnya nanti kedepan bisa sesuai harapan bersama. Saya ingin diakhir tahun 2020 sudah nampak perkembangan keuntungannya.

Untuk itu saya minta kepada seluruh Kepala Desa agar lebih pro aktif ikut berperan membantu mendampingi pengurus BUMDes di desa masing-masing sehingga program mereka bisa terealisasi sesuai aturan dan berhasil sebagaimana yang diharapkan bersama, ungkap Camat Tasik Putri Puyu.(Andi)

By redaksi