Sat. Jul 13th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Datuk Sri atau Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kepulauan Meranti, Muzamil Baharudin secara resmi melantik pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti masa bakti 2021 – 2026.

Pelantikan kali ini oebih menonjolkan budidaya adat istiadat budaya melayu Riau, dan tetap patuh mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) yang mengambil tempat di gedung LAM yang terletak di jalan Bintan ujung Kelurahan Teluk Belitung pada Ahad (5/12/2021).

Hadir dalam pelantikan tersebut terlihat, Camat Merbau Indat AMa Pd didampingi Sekcam Merbau Kamsiatun SHum, Kapolsek Merbau IPTU Saharuddin Pangaribuan SH di dampingi Babinkantibmas Jonifri dan anggota, Danramil Merbau diwakili Suyatno, Lurah Teluk Belitung Yodie Prayogi SSTP MM, sejumlah Kades se Kecamatan Merbau, GPA Officer EMP Malacca Strait SA, Iswardi didampingi Cip Security EMP Kurau, AKBP (Purn) Daflius, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, alim ulama, sejumlah pengurus LAMR yang dilantik, dan komponen lainnya.

Ketua LAMR Kecamatan Merbau, Syafrudin SHum dalam sambutannya mengatakan, hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita di Kecamatan Merbau dalam satu prosesi pelantikan kepengurusan LAMR. Mari kita manfaatkan gelar ini, kami punya program dan bertekad membangun kembali budaya melayu di Kecamatan Merbau yang sudah terpuruk ini.

“Kami bertekad dan akan bekerjasama dengan pemerintah dan instansi lainnya untuk membangun daerah kami ini secara bersama. Kami bangga hari ini merasa tersanjung, kedapan bersama pengurus mari kita besinergi dan jangan hanya nama di kertas saja, berbuatlah, kalau tidak kita siapa lagi”, pungkas Syafrudin berharap.

Sementara itu Camat Merbau Indat AMa Pd dalam sambutannya mengatakan, kedepan untuk membangun daerah diperlukan kerjasama yang baik dan saling musyawarah dalam membantu kepentingan budaya khususnya di Kecamatan Merbau.

“Saye sangat berterima kasih kepada datuk yang hadir di Kecamatan Merbau, LAMR yang ade di Merbau ini sudah lama mati suri, semoga kedepan dapat terus maju dan berkembang demi kepentingan kita bersama. Bagi yang sudah dilantik sekiranya dapat bekerja sama untuk menyelesaikan masalah melalui duduk bersama, mari kedepan kita terus membantu mensukseskan program pemerintah dalam memaju daerah kita secara bersama”, ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM dalam sambutannya mengucapkan taniah kepada seluruh pengurus yang dilantik sekiranya dapat sama-sama menjujung dan menjaga marwah adat melayu Riau. Dikesempatan itu, Sekda juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan LAMR Kecamatan Merbau untuk dapat mengawal jalannya APBD Kepulauan Meranti kedepan menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat.

“Mewakili Bupati, atas nama pribadi dan Pemerintah Kepulauan Meranti mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik. Kami berharap kepada pengurus lembaga adat melayu Riau ini dapat menjaga amanah dalam mengembankan tugas sesuai dengan harapan pemerintah,” ungkap Sekda Meranti.

Sementara Ketua LAMR Kepulauan Meranti, Tuan Muzamil dalam kesempatan itu mengatakan, lembaga ini merupakan lembaga terhormat, patut dihargai tuan-tuan yang baru dilantik, jadi mari jaga amanah itu, banggakan marwah melayu dengan baik.

“Alhamdulillah, pagi hari hajat besar ini dapat terlaksanakan sesuai jadwal dan harapan kita bersama, semoga kedepan lebih baik dan terus besinergi dengan semua pihak demi menjaga marwah melayu dan budaya di Kecamatan Merbau nantinya lebih baik lagi,” pungkas Muzamil Anggota DPRD Meranti tersebut.

Untuk diketahui, dilantik sebagai Ketua LAMR Merbau, Syafrudin SHum, sebagai sekretaris LAMR Merbau, Ayatizal SSos, dan Bendahara LAMR Merbau, Anita serta diikuti puluhan pengurus LAMR Kecamatan Merbau lainnya.(Ali Sanip)

By Andi