Sat. Mar 2nd, 2024

PesisirNasional.com – Komando Armada I TNI AL kembali menggelar Serbuan Vaksinasi bagi santri dan santriwati. Kali ini, Kamis (9/9), vaksinasi dilakukan di Pondok Pesantren Al Muhajirin, Jalan Ipik Gandamanah, Kampung Suka Mulya, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Serbuan vaksinasi ke pondok pesantren ini merupakan yang ketiga kali digelar Komando Armada I. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan di Ponpes Riyadhul Huda Ciangsana Gunung Putri Bogor dengan sasaran 600 santri, dan Pondok Pesantren At Taqwa Babelan Bekasi dengan sasaran 1.100 santri.

Aspotmar Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto mewakili Panglima Koarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, serbuan vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Ke-76 TNI AL.

“Temanya 'Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. Dengan tujuan untuk mendorong dan mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi bagi masyarakat secara umum, dan para santri secara khusus,” kata Iwan dalam keterangannya, Kamis (9/9).

Ia menyebut, vaksinasi digelar selama dua hari, yakni 9-10 September 2021, dengan melibatkan 41 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari Diskes Koarmada I, RSAL dr Mintoharjo, Puskesmas Pasawahan, Politeknik Bakti Asih, dan Kodim 0619, serta dibantu 14 tenaga administrator dari SMA Fullday Al Muhajirin Purwakarta.

“Target serbuan vaksinasi kali ini sebanyak 1.500 peserta dengan menggunakan vaksin sinovac tahap pertama, dengan harapan semua santri dan santriwati dapat dilayani untuk mendapatkan vaksin sehingga akan membantu program pemerintah dalam percepatan pencapaian vaksinasi,” sebutnya.

Vaksinasi ini turut dihadiri oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny Ifa Arsyad Abdullah, Danlanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusimawati, Aspotmar Danlantamal III Kolonel Laut (KH) Riduan, Kadiskes Koarmada I Kolonel Laut (K) dr Hengky Setyahadi, Kadispotmar Koarmada I Kolonel Laut (P) Fajar Tri Rohadi, Ketua Yayasan Al Muhajirin Ifah Faizah Rahmah, dan Pimpinan Ponpes Al Muhajirin Abun Bunyamin.

1.000 Vaksin untuk Santri dan Warga di Madiun

Sementara itu, Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya TNI Angkatan Laut (AL) melakukan serbuan vaksinasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Wisma Wisnu di Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan ratusan tenaga medis maupun non medis.

Komandan Lanmar (Danlanmar) Surabaya Kolonel Marinir Idi Rizaldi mengatakan, kegiatan itu dilakukan merupakan arahan dari Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, serta perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Kegiatan ini juga untuk memperingati HUT TNI AL.

“Atas perintah Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, Marinir melaksanakan kegiatan yang bertajuk 'TNI AL Peduli & Berbagi'. Dalam pelaksanaannya, kami dari Pangkalan Korps Marinir TNI AL Surabaya, ingin menyapa sedulur-sedulur yang ada di Madiun, melalui serbuan Vaksinasi,” kata Rizaldi kepada wartawan, Kamis (9/9).

“Sasaran pada serbuan vaksin kali ini adalah 1.000 orang santri Ponpes Wisma Wisnu Madiun serta masyarakat sekitar Ponpes dengan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac,” ujarnya.

Kegiatan ini disebutnya melibatkan 180 personel sebagai panitia dan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Kesatuan Lanmar Surabaya serta Jalasenastri Cabang 6 Korps Marinir, yang dibantu oleh instansi terkait serta Perangkat Desa setempat.

“Kegiatan vaksinasi yang dimulai dari tahap registrasi, skrining, catatan pelayanan vaksin, observasi dan penyerahan kartu vaksin tersebut, bertujuan untuk membentuk herd imunity masyarakat di wilayah Ponpes dan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat memutus penyebaran virus Covid-19 di Indonesia,” tutupnya. [yan]

Sumber: Merdeka

By redaksi