Sun. May 26th, 2024

Pesisirnasional.com|Bengkalis – Bertempat di Lapangan Koramil 01/Bengkalis Jalan. Pahlawan No.01 Kel. Kota Bengkalis Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis. Personil Kodim Bengkalis melaksanakan kegiatan latihan Barongsai pimpinan Tengdy dari FOBI (Federasi Olahraga Barongsai Indonesia) Bengkalis Jumat pukul 20.00 Wib, (26/1/2024).

Komandan Kodim 0303/ Bengkalis Letnan Kolonel Irvan Nurdin langsung menugaskan personelnya dibawah binaan Komandan Koramil 01 Kaoten Cpl Hendriko sesuai Surat permintaan FOBI No. 001/FOBI/ PB/I/2024 tanggal 15 Januari 2024. Tentang kejuaraan Naga perebutan piala Mentri pertahanan. Surat Federasi Olah Raga Barongsai Indonesia Kab. Bengkalis no: 001/I/FOBI – BKS/ 2024 tanggal 12 Januari 2024.

Kapten Cpl. Farimus Hendriko Danramil 01/Bengkalis sebagai Pembina FOBI Barongsai Bengkalis khususnya, turun langsung kelapangan meninjau dan mengawasi pelaksanaan latihan Barongsai yang digelar dilapangan Koramil 01/Bengkalis yang diikuti oleh seluruh personil dalam latihan Barongsai tersebut.

Kesenian Barongsai kerapkali dimainkan pada saat perayaan tahun Baru Imlek, tetapi pada perayaan tahun ini, tahun baru Cina ( Imlek ) ke 2575 ( Sio Naga Kayu ) yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024 mendatang disepakati tidak akan dirayakan dengan meriah. Hal ini disampaikan Ketua Yayasan Hok Ann Kiong Bengkalis, Herman Kusuma, bahwa perayaan Imlek ditahun ini ditiadakan berbagai kegiatan. Dikarnakan bertepatan dengan pemilu 2024 dan ibadah hanya dilaksanakan dirumah masing masing.

Hal ini yang membuat Danramil 01/Bengkalis Kapten Cpl. Farimus Hendriko bertekad serta berupaya untuk mengisi kekosongan kegiatan ini, lalu diisi dengan latihan Barongsai sehingga nantinya dalam pelaksanaan pertandingan perebutan kejuaraan Naga memperebutkan Piala Mentri Pertahanan bisa tercapai dengan hasil yang maksimal. Personil Koramil 01/Bengkalis berlatih Barongsai dalam rangka untuk kejuaraan perebutan piala Mentri pertahanan langsung dibawah Federasi Olahraga Barongsai Indonesia khususnya Kabupaten Bengkalis yang langsung oleh Koramil 01/Bengkalis meminta agar bisa dilatih langsung oleh pelatih Barongsai Bengkalis yang sudah tidak asing lagi namanya di kota Bengkalis yaitu Saudara Tengy Kwok.

Antusias para anggota Koramil 01/Bengkalis dalam berlatih Barongsai sangat luar biasa yang rencananya akan diadakan setiap malam dilapangan Koramil 01/Bengkalis, sehingga nantinya bisa tampil maksimal dalam pelaksanaan pertandingan dalam rangka perebutan piala Mentri Pertahanan. Dalam berlatih Barongsai banyak hal yang mereka pelajari mulai dari tehnik bermain, atraksi hingga gerakan gerakan dasar seperti tehnik kuda kuda. Selain Barongsai singa yang dimainkan oleh dua orang, grup ini juga memainkan tarian liong berupa Naga yang dibawakan oleh beberapa pemain.

Pukul 22.30 Wib Latihan Barongsai selesai dalam keadaan aman dan kondusif. Demikian yang diterima tim jurnalis, (3K3-04).

Sumber : Pen-Dim 0303 – Koramil 01/Bengkalis

Editor    : Redaksi 3k3.co.id Group/Pesisirnasional.com