Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI,(pesisirnasional.com)- Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke 58 tahun 2019, Pemerintah Kcamatan (Pemcam) Merbau bersama Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Merbau gelar upacara peringatan hari Pramuka ke 58 di lapangan sepak bola Setia Pati Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti pada Selasa (20/08/2019).

Hari pramuka ke 58 yang jatuh nya pada tanggal 14 Agustus 2019 yang lalu dengan mengangkat tema “Siap Sedia Membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Dalam upacara peringatan hari pramuka ke 58 tahun 2019 ini, bertindak sebagai pembina upacara, Sekcam Merbau, Amunirudin, SE, dan selaku komandan upacara yakni salah seorang siswa SMK Negeri 1 merbau, Rodi Saputra.

Pantauan di lapangan terlihat dilaksanakan pembacaan Undangan-Undangan Dasar 1945, Pancasila, dan Dwi Darma Pramuka. Selain itu, tidak kalah menariknya juga di tampilkan beberapa kreatifitas yang bernuansakan Kepramukaan.

Pembina upacara Sekcam Merbau, Amunirudin, SE dalam sambutannya mengatakan, selamat hari pramuka yang ke 58 semoga jiwa gerakan pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, menjadi generasi muda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gerakan Pramuka terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Diakuinya, pramuka di rancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. karena itu, pramuka bisa hadir dan di terima oleh masyarakat di semua daerah, tambahnya.

Pj. Kades Pelantai itu juga menuturkan, Pramuka berasal dari kata praja muda yang mempunyai arti “sekumpulan anak anak muda yang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian harus bisa berkarya dengan cara mengisi hal positif dalam kehidupan.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangat lah mulia, yakni untuk mendidik generasi muda masa sekarang ke hal yang positif dengan adanya dasar dan metode dan norma normal masyarakat yang berlaku. Dengan begitu, maka akan di peroleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral dan budi pekerti yang bijaksana sehingga menjadi manusia yang memiliki jiwa pancasila, setia dan patuh kepada NKRI.

Di kesempatan itu, orang nomor dua di Kecamatan Merbau itu berpesan, kepada segenap anggota gerakan Pramuka teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka, isilah waktu muda kalian dengan kegiatan positif dan kreatif, pungkas Sekcam Merbau, Amunirudin. (Ali Sanip)

By redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *