Mon. Feb 26th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti gelar pertemuan bersama pihak Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Melibur dan PLN Teluk Belitung, dimana pertemuan yang berlangsung alot itu dilaksanakan di ruang Kantor Camat Merbau, Jum’at (8/5/2020).

Hadir dalam pertemuan tersebut Camat Merbau, Abdul Hamid, S.ThI.,MM didampingi Sekcamnya, Amuniruddin, SE, Kasi Trantip Kecamatan Merbau, Zainal, SE, juga hadir Sekcam Tasik Putri Puyu, T. Mahdar yang merupakan Ketua LAMR Kecamatan Merbau terpilih periode tahun ini, Kapolsek Merbau, IPTU. Sahrudin Pangaribuan, Lurah Teluk Belitung, Indat, AMa.Pd, Koordinator PLTMG Melibur, Dedi Ramli, Biller PLN Teluk Belitung, Dodi Saputra, juga hadir beberapa orang masyarakat Kelurahan Teluk Belitung dan komponen lainnya.

Terlihat saat pertemuan berlangsung juga sempat terjadi adu argumen antara mantan Koordinator PLTMG Melibur yang lama, Enuk dengan Koordinator PLTMG Melibur saat ini, Dedi Ramli, yang mana antara keduanya saling mengeluarkan pendapat terkait teknis dilapangan dalam penanganan mesin tersebut. Selain itu juga terdapat saling memberikan masukan baik kritik maupun saran yang sifatnya membangun dan untuk kepentingan bersama antara masyarakat, Pemerintah, Pihak PLN maupun pihak PLTMG.

Inti dari pertemuan tersebut pihak PLTMG Melibur akan berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan pekerjaan teknis dengan meminta waktu selama 10 hari kerja kedepan, usai perbaikan itu maka listrik yang terjadi pemadaman bergilir selama ini akan hidup norman kembali sebagaimana yang diharapkan bersama.

Camat Merbau, Abdul Hamid, S.ThI,.MM dalam kesempatan itu mengatakan, kehadiran kita semua pada hari ini ingin mencari solusi, bukan cari masalah. Dalam pertemuan ini kita minta pihak PLTMG harus mencatat apa yang menjadi keluhan dan masukan dari masyarakat hari ini.

Orang nomor satu di Kecamatan Merbau itu menuturkan, “tadi kita semua sudah mendengar ada keluhan dan ada juga banyak masukan. Setelah saya amati dan dipelajari dari keluhan serta kendala beberapa pihak ini perlu menjadi catatan kita bersama untuk dijadikan pelajaran dari apa yang sudah terjadi selama ini terkait pelayanan PLN di wilayah kita”.

Oleh sebab itu, saya tidak ingin lagi ada terjadi pemadaman seperti ini terulang di setiap tahunnya, sejak saya jadi Camat Tasik Putri Puyu dulunya juga terjadi hal seperti ini, ucap Abdul Hamid mengakui.

“Saya fikir dengan situasi pandemi Covid-19 tidak harus kita datangkan mikanik dari Jakarta, apa salahnya kita pakai mekanik dari lokal saja. Selain itu, saya mengharapkan seandainya ada apa-apa tolong disampaikan kepada kami maupun kepada kawan-kawan yang masuk dalam Group Merbau Sepakat sehingga komen didalamnya tidak terjadi komentar yang memancing suasa panas. Jika kita selalu berkoordinasi dengan baik apapun halnya kedepan tentu dapat kita cari solusi bersama sebelum terlalu parah kondisinya, apa lagi yang menyangkut terhadap kepentingan masyarakat banyak seperti ini”, harap mantan Camat Tebing Tinggi tersebut.

Camat menegaskan, kepada pihak PLTMG dan PLN Rayon Teluk Belitung, saya harap hal seperti ini dapat menjadi bahan evaluasi kita bersama kedepan dalam melakukan berbagai langkah teknis guna mengantisipasi listrik didaerah ini sehingga bisa berfungsi dengan baik dan normal kembali sebagaimana yang kita harapkan bersama, pungkas Camat Abdul Hamid.

Hal senada diharapkan Kapolsek Merbau, IPTU. Sahrudin Pangaribuan. Dikatakannya, hasil pertemuan kita hari ini diharapkan kepada kawan-kawan yang hadir dapat membantu menyampaikan kepada masyarakat, jangan sampai masyarakat kita terpancing dengan isu yang sifatnya propokasi, itu tidak baik. Mari sama-sama kita menjaga wilayah kita agar selalu tetap aman, nyaman dan mengedepankan musyawarah mufakat dalam segala hal.

Selain itu juga, kita minta pihak PLTMG maupun pihak terkait lainnya yang ikut pertemuan hari ini dapat menyampaikan hasil kritik dan saran dari Pemerintah maupun masyarakat saat ini kepada atasan sana, dimana kritik dan saran yang baik mari dijadikan pedoman bersama untuk kepentingan daerah kita kedepan, pungkas Kapolsek Merbau.(Ali Sanip)

By redaksi