Fri. Mar 1st, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim didampingi Ketua DPRD Meranti, Jack Ardiansyah, SH. M.Si menyerahkan bantuan dana Kemitraan dari PT. Timah kepada masyarakat pelaku usaha di Kepulauan Meranti. Kegiatan kali ini mengambil tempat di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi, Rabu (18/12/2019).

Hadir mendampinggi Wabup dalam kegiatan tersebut, Asisten II Sekdakab Meranti, H. Revirianto, Kepala Dinas Perindag Meranti, Drs. Azza Fahroni, Sekretaris Dinas Perikanan Meranti, Heldi, Kabag Ekonomi Sekdakab Meranti, Abu Hanifah, Camat Tebing Tinggi, Abdul Hamid, Camat Pulau Merbau, M. Nazar, Sekretaris Dinas Perindag Meranti, Rudi, S.Ag. MH, Perwakilan PT. Timah, Rasiman serta pelaku usaha penerima bantuan dana.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada PT. Timah yang telah berpartisipasi mendukung program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat melalui penyalurkan dana Kemitraan kepada pelaku usaha di Meranti. Ia berharap dana bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi pengembangan usaha dan peningkatan ekonomi masyarakat secara umum di Meranti.

“Semoga dana yang disalurkan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha dan peningkatan ekonomi,” ujar orang nomor dua di Kota Sagu tersebut.

Lebih jauh dikatakan Wabup, dirinya menyambut baik penyaluran dana tersebut, namun yang tak kalah pentingnya penyaluran dana itu hendaknya diiringi dengan pembinaan dari OPD terkait baik dari segi pengolahan produk maupun pemasarannya sehingga usaha masyarakat dapat berkembang sesuai harapan.

Sejauh ini Wabup mengakui, perhatian terhadap pelaku usaha dari Dinas terkait baik disektor perdagangan, pertanian, perikanan dan sektor produktif lainnya dinilai masih minim sehingga sangat berpengaruh besar pada keberhasilan dari pelaku usaha itu sendiri.

Dicontohkan Wabup dalam sektor Pertanian ketika hasil pertanian sukses harus ada Dinas terkait yang membina dalam pengelolaan maupun pemasarannya jika tidak tentu keuntungan yang didapat dari pengusaha tidak maksimal bahkan bisa jadi hasil pertanian terbuang karena tidak tahu mau dijual kemana.

“Dan ini akan melemahkan pelaku usaha untuk berusaha jadi pembinaan adalah yang utama disamping pemberian modal awal. Ia juga meminta kepada OPD terkait untuk melakukan pembinaan konkrit kepada para pelaku usaha”, ungkap Wabup H. Said Hasyim.

Perwakilan Managemen PT. Timah, Rasiman menjelaskan, kegiatan ini merupakan penyaluran Dana Program Kemitraan PT. Timah Tbk Semester 2 Tahun 2019 di Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, bantuan dana ini diberikan kepada 18 mitra binaan PT. Timah atau para pelaku usaha dengan total dana sebesar Rp. 360 Juta.

“Dari 30 berkas yang masuk setelah kami seleksi maka disetujui 18 berkas untuk diberikan bantuan dengan total dana Rp. 360 Juta,” beber Rasiman.

18 orang penerima ini terdiri dari para pelaku usaha perdagangan, usaha makanan, Loundry, Penangkapan Ikan dan lainnya, pungkas Rasiman.(Andi)

By redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *