BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pelaksanaan open turnamen gasing bergensi tingkat Provinsi Riau yang ditaja oleh Komunitas Gasing (KOMGAS) Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti berakhir dan ditutup secara resmi oleh Ketua LAMR (Lembaga Adat Melayu Riau) Kecamatan Merbau pada Senin (19/9/2022) malam.

Open turnamen yang disponsori PT. ITA (Imbang Tata Alam) itu dipusatkan di lingkungan RT 04 / RW 04 Hulu Asam Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau ini semulanya diikuti sebanyak 33 Klub dari berbagai daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. Dari 33 Klub tersebut, sebanyak tiga Klub dari Bengkalis masuk pada babak final, dan satu Klub anak Kuala Merbau Kecamatan Pulau Merbau juga masuk pada final. Akhirnya klub Anak Watan Kuala Merbau berhasil meraih juara pertama.

Terlihat dilapangan pada malam penutupan kali ini antusias masyarakat yang menyaksikan pertandingan ini tergolong ramai, ribuan warga turut menyaksikan jalannya turnamen tersebut.

Hadir pada saat penutupan, Camat Merbau diwakili Kasi Trantib Kecamatan Merbau, Idrus SE, Kapolsek Merbau IPTU Aguslan SH diwakili Kanit Samapta, Misbahuddin, Field GPA Officer PT. Imbang Tata Alam, Iswardi didampingi stafnya, Ketua LAMR Kecamatan Merbau, Datuk Syafruddin SHum, Kepala KSOP Syahbandar Tanjung Buton wilker Teluk Belitung diwakili Syahrial Rosidi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kaum perempuan, seluruh panitia dan komponen lainnya.

Ketua LAMR Kecamatan Merbau, Syafruddin SHum dalam sambutan penutupannya mengatakan, kami atas nama LAMR Kecamatan Merbau merasa bangga dengan pelaksanaan open turnamen gasing ini, semuanya patut kita apresiasi, karena melalui turnamen gasing ini diharapkan dapat membangun dan membudidayakan kembali permainan dari turunan nenek moyang kita terdahulu.

Dirinya berharap kegiatan serupa dapat menjadi agenda rutin tahunan, semangat kebersamaan ini menurutnya perlu dipertahankan. Pepatah mengatakan “Takkan melayu hilang dibumi”. Diakuinya, kedepan untuk peraturan mungkin sedikit ada perbedaan disetiap daerah Kabupaten/kota, nanti akan dibenahi kembali secara bersama dengan KOMGAS demi kegiatan yang lebih baik.

“Kami berharap peserta yang menang saat ini jangan bangga diri, tahun depan belum tentu menang lagi, kemudian bagi yang kalah jangan berkecil hati, tahun depan tingkatkan lagi. Mohon doa kita semua Insyaallah tahun depan kita bikin lagi yang lebih besar,” ungkap mantan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Merbau tersebut penuh semangat.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Andi Saputra mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak dan donatur, terutama kepada PT. ITA yang telah mendukung dan menjadi sponsor dalam open turnamen gasing tingkat Provinsi Riau sehingga dapat terlaksana dengan baik hingga penutupan.

“Kepada donatur lainnya yang mendukung dan menyumbang dalam kegiatan ini kami ucapkan ribuan terima kasih, semoga tahun depan kita mendapat dukungan lagi supaya terlaksana lebih besar. Kepada peserta dan masyarakat kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan disana sini dalam kegiatan ini, semua kekurangan itu tentunya menjadi pelajaran bersama untuk berbuat lebih baik kedepannya,” pungkas Andi Goro.

Untuk diketahui, yang meraih juara pertama dalam turnamen gasing kali ini diraih oleh klub Family anak Kuala Merbau Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, kemudian sebagai juara kedua diraih oleh klub Bantan Tua dari Kabupaten Bengkalis, lalu juara ketiga diraih klub Selayang Pandang dari Kabupaten Bengkalis, dan untuk juara keempat diraih oleh klub Elang Laot dari Bantan Tua Kabupaten Bengkalis.

Panitia juga memberi penilaian buat permain terbaik. Selain itu bagi yang mendapat juara satu dan dua panitia menyediakan medali untuk anggota dua Klub tersebut.(Ali Sanip)