Sat. Mar 2nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti terus komitmen membantu masyarakat Kabupaten termuda di Provinsi Riau yang merasakan dampak sosial akibat musibah virus corona Covid-19 tahun ini. 

Buktinya Pemkab Meranti telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan yang diambil demi kepentingan penangganan penanggulangan covid-19 khususnya di Kepulauan Meranti, mulai dari mempersiapkan realisasi anggaran untuk sarana dan prasaran kesehatan, mempersiapkan tenaga medis, melakukan berbagai upaya ketersediaan bahan pangan masyarakat, bantuan sosial lainnya, mendata masyarakat Meranti secara rinci guna mendapatkan bantuan dari Kartu pra kerja sesuai program Pemerintah Pusat dan berbagai langkah teknis lainnya yang terus digalakkan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan dampak sosial ekonomi masyarakat akibat Covid-19 yang mengambil tempat di Gedung Biru Kantor Bupati, Selasa (7/4/2020).

“Kita ingin bagaimana masyarakat yang kehilangan pekerjaan, para buruh, para TKI, pedagang kecil dan petani kecil dapat tertangani dengan baik, jangan sampai ada masyarakat kita yang tidak memiliki bahan pangan untuk dikonsumsi. Agar semua berjalan sesuai harapan Pemkab tengah menyusun sebuah skenario untuk melihat seberapa besar dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan oleh Covid-19 terhadap masyarakat serta bagaimana upaya penangganannya”, jelas Bupati dua priode di Meranti tersebut.

Orang nomor satu di kota sagu itu juga menuturkan, secara rinci alokasi dana sebesar 36 Milyar untuk penanganan Covid-19 di Meranti selain untuk jaring pengaman sosial juga akan digunakan untuk pengadaan peralatan medis, transportasi Ambulance laut, pengadaan tenaga medis Dokter dan perawat, revitalisasi BLK Meranti menjadi ruang Isolasi Covid-19, serta pengamanan yang akan dinahkodai oleh Satpol PP dengan anggota Polres dan Dinas Perhubungan.

“Semoga dengan kesiapan dana ini kita siap melakukan penangganan dan perawatan kepada masyarakat dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Meranti,” pungkas Bupati H. Irwan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto, SE.MM terkait hal tersebut menjelaskan, sejauh ini Pemkab Meranti telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp. 36 Milyar. Dana ini berasal dari pergeseran anggaran kegiatan Fisik dan Non Fisik plus bantuan sosial sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan RI, No. 6 Tahun 2020 tentang penyaluran DAK fisik bidang Kesehatan dan Dana BOK Kesehatan untuk pencegahan atau penangganan Covid-19 serta petunjuk dari Menteri Dalam Negeri, ungkapnya.(Andi)

By redaksi