Sat. Feb 24th, 2024

Anes ‘Berlayar’, Nasdem  Segera Konsolidasi dengan Demokrat dan PKS

PEKANBARU (PN) – Bakal calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan telah mendapatkan tiket untuk maju di Pilpres 2024. Tiket tersebut diperoleh setelah PKS memantapkan sikap mendukung Anies sebagai capres. Sebelumnya Demokrat lebih dulu menyatakan dukungan resmi.

Terhadap hal itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Riau Dedi Harianto Lubis megatakan, pihaknya siap untuk melakukan konsolidasi dengan DPW PKS Riau dan DPD Partai Demokrat Riau.

Dedi menyatakan NasDem bersyukur atas bergabungnya PKS dalam Koalisi Perubahan. Sebelumnya, Demokrat juga sudah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan.

Harapan publik Indonesia untuk perubahan akan terwujud. Kami dari Nasdem siap untuk melakukan konsolidasi dengan Demokrat dan PKS di Riau,” ujar Dedi, Selasa (31/1/2023).

Bakal calon anggota DPRD Kota Pekanbaru daerah pemilihan Kecamatan Tuah Madani dan Bina Widya ini menyatakan, mengenai pembentukan koalisi di Riau, DPW Partai NasDem Riau menunggu petunjuk dari DPP Partai NasDem.

Namun, Dedi menegaskan pihaknya siap melakukan konsolidasi dan membuka diri setiap saat jika DPP Partai NasDem sudah memberikan arahan terkait koalisi di daerah.

“Kita tunggu petunjuk DPP. Tentunya DPW siap bekerja sama untuk kemenangan Anies Baswedan,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Pernyataan tersebut disampaikan usai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dan Perwakilan tim kecil Sudirman Said bertemu dengan ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Istanbul.

“PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada Bapak Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029,” kata Wakil Ketua Majelis Syuro, Sohibul Iman, di Rumah Makan Engking, Kota Tanggerang, Banten, Senin (30/1/2023).

Selain dukungan kepada Anies, Salim Segaf dan Ahmad Syaikhu tetap konsisten berada di koalisi perubahan hingga pemilu 2024.

“Sebagaimana saya sebagai ketua tim kecil Anies, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pendukung Anies 2024,” imbuhnya.(cakaplah/PN)