Wed. Jul 24th, 2024

Pesisirnasional.com|Bengkalis – Bertempat di Posyandu Delima Dusun 04 Desa Senggoro Jalan Bantan Senggoro RT/ 002 RW/ 007 Dusun 04 Desa Senggoro Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis, Babinsa Koramil 01/Bengkalis Sertu Mustaqim melaksanakan kegiatan Monitoring Serta Pendampingan pada kegiatan Posyandu *Gerakan Bulan Penimbangan Serentak Dan Pencanangan Gerakan Pengukuran Dan Intervensi Pencegahan Stunting Di Kabupaten Bengkalis Tahun 2024.* Bertempat di Posyandu Delima Desa Senggoro Jum’at pukul 08.00 Wib, (14/6/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut :
1. PJ. Kades Senggoro Suherman,S.Sos
2. Babinsa Koramil 01/Bengkalis Sertu Mustaqim
3. Ahli Gizi Puskesmas Bengkalis Chyndohy Oktavia
4. Staf Ahli Gizi Puskemas Bengkalis Umayroh Herlina
5. PLKB Desa Senggoro Ratna Sari Dewi
6. Ketua Pustu Desa Senggoro Eka Meliana
7. Bidan Desa Senggoro Efrida Hanum Siregar
8. Perwakilan BPD Senggoro Rusiah
7. Perawat Desa Senggoro
8. Kader Entri Desa Senggoro M. Iqbal Efendi
9. Kader Pengelola Data posyandu Delima Senggoro Nuryanti
10. Ketua Posyandu Delima Kartini
11. Ketua PKK Desa Senggoro Erdawati, SE beserta staf PKK
12. Kadus Desa Senggoro.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Gerakan Bulan Penimbangan Serentak adalah :
1. Penimbangan BB ( Berat Badan )
2. Pengukuran TB ( Tinggi Badan )
3. Pengukuran LK ( Lingkar Kepala )
4. Pengukuran Lila ( Lingkar Lengan Atas )
5. Pemeriksaan Ibu Hamil
6. Penyuluhan Konseling
7. Penjemputan Balita yang tidak Hadir ke Posyandu Door to Door.

Adapun Jumlah Balita yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan Gerakan Bulan Penimbangan Serentak adalah :
– Jumlah Balita : 140 orang
– Jumlah Ibu Hamil: 3 orang.

Hasil dari kegiatan sebagai berikut :
– Bulan Penimbangan Balita Serentak (BPBS) adalah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran Panjang atau Tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan dilakukan di Posyandu secara serentak di Kabupaten Bengkalis Khususnya saat ini dilaksanakan di Posyandu Delima Desa Senggoro. Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

– Penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan di Posyandu, hal ini bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi /balita sakit atau tidak, kelengkapan Imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi. Oleh karena itu, langkah pemerintah mengadakan kegiatan Bulan Timbangan Serentak ini, merupakan salah satu solusi terbaik dari pemantauan dan pendeteksian tumbuh kembang bayi dan balita. Bulan timbang dilaksanakan bersamaan dengan pemberian Vitamin A. Pada kegiatan bulan timbang ini dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran lingkar lengan, lingkar kepala, pengukuran tinggi badan. Dan hasil dari penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat.

– Kegiatan ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita di posyandu Desa Wonosari yang dihadiri oleh Kader Posyandu, Petugas kesehatan dari Puskesmas Bengkalis, PLKB, Bidan Desa, Perawat Desa Senggoro, Kader Entri, Ketua Posyandu Delima Desa Senggoro, PKK Desa Senggoro dan Para Kadus Desa Senggoro.

– Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh para kader posyandu dan petugas kesehatan dari Puskesmas Bengkalis dan PKB kecamtan dalam mengajak masyarakat sehingga dengan bantuan/fasilitasi Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Pukul 11.30 Wib, Gerakan Bulan Penimbangan Serentak SE Kabupaten Bengkalis Tahun 2024 Desa Senggoro berlangsung dalam kondisi aman dan kondusif. Demikian yang diterima Tim Jurnalis, (3K3-04).

Sumber : Koramil 01/Bengkalis

Editor : Redaksi 3k3.co.id Group/Pesisirnasional.com