Mon. Jun 17th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai wujud kepedulian bersama, pengurus Yayasan Gemar Berbagi Membangun Negeri (GBMN) Kabupaten Kepulauan Meranti yang terdiri dari sebagian besar mahasiswa Meranti di Pekanbaru kembali melaksanakan gerakan Bakti Sosial (Baksos) ke sejumlah daerah pedalaman di Kabupaten termuda se Provinsi Riau.

Terlihat awalnya kegiatan positif tersebut dilaksanakan di Dusun Tanjung Baru, Desa Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing Tinggi Barat pada Senin (16/8/2021). Kemudian dilanjutkan upacara peringatan HUT RI ke-76 di Nerlang, Desa Sungai Tohor Barat, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Rabu (17/8/2021).

Menariknya, dalam aksi bersama kali ini dibumbui beberapa kegiatan, diantaranya pembagian sembako kepada fakir miskin, melaksanakan edukasi pembuatan pupuk, penanaman bibit pohon kehidupan, aksi pengobatan gratis, pembagian pakaian, higentkit dan edukasi kebersihan untuk anak Sekolah Dasar juga permainan anak-anak dengan hadiahnya peralatan alat tulis belajar, pembagian tas sekolah alat tulis buku sekolah, upacara HUT RI ke-76, dan tidak kalah pentingnya juga dilaksanakan acara Tabligh Akbar serta doa bersama untuk Negeri lebih baik yang diisi penceramah Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Meranti, Ustadz Dasuki SH.

Seluruh kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut merupakan kegiatan yang ke 15 kalinya dilaksanakan Yayasan GBMN kerjasama sejumlah relawan yang tergabung seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa (DD), Yayasan Tabung Wakaf Ummat (YTWU), Swadaya Ummah (SU), Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Rohis Alfata Almuntazhar UIN Suska Riau, Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM), Dewan Masjid Indonesia (DMI) Meranti, dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) komisariat Meranti.

Dalam silaturahmi bersama warga di Dusun Tanjung Baru selain rombongan Baksos juga dihadiri Kepala Desa (Kades) Tanjung Darul Takzim, Basri Rasyid, sejumlah tokoh masyarakat, dan komponen lainnya.

“Alhamdulillah kami sangat senang serta bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran rombongan Baksos dari Yayasan GBMN di Desa kami. Selama ini di Desa kami sangat jarang sekali dihadiri tamu dari luar karena lokasi Desa kami sangat terisolir, jauh dari keramaian. Ditambah lagi kondisi jalan rusak parah dan sinyal juga susah. Oleh karena itu, tentunya kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Desa sangat mengapresiasi gerakan Yayasan GBMN bersama relawan, semoga kedepan kegiatan positif ini dapat terus berlanjut lebih maju dan jaya lagi,” ungkap Kades Tanjung Darul Takzim, Basri Rasyid.

Sementara itu, Ketua rombongan Baksos, Armiyadi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas antusias masyarakat dalam menyambut kehadiran rombongan.

“Kami mewakili seluruh rombongan yang datang di sini sangat senang karena masyarakat bisa hadir malam hari ini ditempat yang mulia Masjid Nur Hidayah. Meskipun suasana dingin karena hujan, tapi semangat kita semua untuk bersilaturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah bersama hingga malam ini masih tetap hadir,” ujarnya.

Diakuinya, terlaksananya kegiatan Baksos ini merupakan semangat generasi dalam mengabdi untuk Negeri demi kepentingan masyarakat yang benar-benar perlu diperhatikan apalagi ditengah Pandemi Covid-19 ini. Diharapkannya mari terus saling bekerjasama membantu Pemerintah melakukan segala kegiatan positif dan tetap mematuhi protokol kesehatan disegala aktifitas kedepan.

“Kehadiran kami tidak lain adalah untuk memupuk rasa semangat mengabdi kepada Negeri dan rasa patriotisme yang wajib disampaikan ke generasi penerus khususnya bagi warga yang jauh dari jangkauan orang ramai, dengan harapan dapat secara bersama merasakan semangat mencerdaskan kehidupan Bangsa, juga memiliki rasa tanggung jawab untuk saling berbagi dalam kebaikan ditengah Pandemi Covid-19 ini, semoga wabah Pandemi ini cepat selesai nantinya,” pangkas Armiyadi.

Sebagai informasi, dalam mensukseskan kegiatan tersebut terlihat seluruh rombongan relawan Bakso dibutuhkan kesabaran serta perjuangan yang kuat agar sampai ditujuan. Karena dalam perjalan itu ditempuh melalui jalur darat dan laut yang penuh rintangan, mulai cuaca hujan, jalan tanah yang licin dan rusak sehingga membutuhkan waktu lumayan lama, namun itu semua tidak menyurutkan semangat rombongan dalam membantu kepentingan masyarakat banyak sempena HUT RI ke-76 tahun 2021.(Andi)

By Andi