Fri. Jun 14th, 2024

PesisirNasional.com – Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kutai Timur bersama BKSDA Kalimantan Timur, berhasil menangkap buaya sepanjang 3,26 meter, Selasa (21/9). Buaya tersebut sempat meresahkan warga di Sangatta Utara. Buaya akhirnya ditangkap usai diumpan seekor ayam.

Sebelumnya, kehadiran buaya itu dilaporkan warga Senin (20/9) kemarin, setelah terlihat ada di belakang rumah warga.

“Benar. Baru tadi pagi jam 10 buaya itu masuk jebakan khusus yang kami buat untuk menangkap buaya setelah memakan umpan,” kata Koordinator Tim Rescue DPKP Kutai Timur, Saudin, dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (21/9) malam.

Saudin menerangkan, buaya itu memang berada di permukiman padat penduduk. “Kawasan permukiman ini sebelumnya kawasan pinggir sungai dan sekarang jadi daratan. Disebut sungai mati,” kata Saudin.

“Begitu berhasil ditangkap, kami evakuasi. Panjangnya 3,26 meter dan kami serahkan ke BKSDA untuk penanganan selanjutnya,” ujar Saudin.

Dia menerangkan, sejak Januari 2021 lalu sampai saat ini, sudah ada 26 buaya yang berhasil ditangkap dievakuasi, menyusul laporan warga terkait keberadaan buaya yang membahayakan permukiman mereka.

“Memang, sebagian besar buaya yang kami evakuasi ada di permukiman warga. Kami juga tempatkan pelang pemberitahuan agar mengurangi aktivitas di sekitar lokasi yang pernah ditemukan buaya, maupun di pinggir sungai,” tambah Saudin.

Masih disampaikan Saudin, warga juga diminta tidak memelihara hewan ternak dalam jumlah banyak di area rawan kehadiran buaya. “Karena adanya hewan ternak bisa memancing kehadiran buaya untuk memangsa,” demikian Saudin. [rnd]

Sumber: Merdeka

By redaksi