Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi melakukan pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Meranti. Pelaksanaan kebijakan Pemerintah Program Vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Meranti yang dikemas dengan peresmian Gedung Puskesmas Anak Setatah itu dipusatkan di Puskesmas Anak Setatah, Kecamatan Rangsang Barat, Senin (08/02/2021).

Turut hadir bersama Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Hj Mimi Yuliarni, Ketua DPRD Meranti, Jack Ardiansyah, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Sopandi, Danposal Selatpanjang, Letda Jery Hendra, Kapolsek Rangsang Barat, Kompol Edi R, Koramil Lakatang, Ketua MUI Meranti, H Mustafa, Kasatpol PP Meranti, Helfandi, Kabag Humas dan Protokol Meranti, Rudi SAg MH, Sekretaris Dinas Perhubungan Meranti, Umaiyah, Camat Rangsang Barat, Ratna, Kepala Puskesmas Anak Setatah, dr Vellyna Septi, sejumlah Kades Se Kecamatan Rangsang Barat, tokoh masyarakat, ormas dan komponen lainnya.

Kegiatan diawali dengan peresmian Gedung Puskesmas Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi didampingi Ketua DPRD Meranti dan Forkopimda yang ditandai dengan pelepasan Balon, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita disaksikan oleh seluruh yang hadir.

Sekedar informasi, Puskesmas Anak Setatah ini sudah beberapa kali dibangun dan berkali-kali pindah tempat sejak tahun 2000 silam, namun baru ditahun 2021 ini berhasil dibangun secara permanen dengan kondisi gedung yang megah serta fasilitas terbaik.

Usai peresmian Gedung Puskesmas kegiatan dilanjutkan dengan pencanangan Vaksinasi kepada Tenaga Kesehatan yang dimulai oleh Kepala Daerah, Forkopimda (Dandim, Kapolres, Pimpinan DPRD, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD, OP Kesehatan, tokoh Agama, tokoh adat, tokoh pemuda, Ormas, Sekdakab Meranti,red) dan lainnya sesuai Surat Kemendagri No. 80/25/SD Tanggal 5 Januari 2021.

Pantauan dilapangan, berdasarkan hasil Screening Bupati Kepulauan Meranti ternyata belum dapat dilakukan Vaksinasi dengan alasan pernah Positif Covid-19 dan masih dalam tahap pemulihan, begitu juga Sekdakab Meranti, Dr H Kamsol yang belum lolos Screening akibat kondisi stamina yang belum memungkinkan.

Sehingga Vaksinasi terpaksa diawali oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti, Dr H Misri Hasanto dan diikuti Ketua DPRD Meranti, Jack Ardiansyah, Danposal Selatpanjang Letda Jerry Hendra, Danramil Lakatang, Ketua IBI Meranti Asnah, Ketua IDI Meranti, dr Joko Nugroho, Kabid Perda Satpol PP Meranti Piskot Ginting, Perwakilan Ormas KNPI Rudi Tanjung, Ketua MUI Meranti, H. Mustafa dan lainnya.

Vaksinasi berjalan dengan lancar dibuktikan dengan tidak terjadi kendala pada saat penyuntikan maupun setelah penyuntikan Vaksin. Semua pasien berada dalam kondisi sehat tanpa memperlihatkan gejala efek samping.

Menyikapi Vaksinasi tersebut, Kadiskes Meranti dr H Misri Hasanto mengatakan, sejauh ini jumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) yang telah menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap pertama berjumlah 500-an orang lebih dan selama proses Vaksinasi belum ditemui efek samping yang berarti dari pasien.

“Semoga dengan pencanagan ini mampu menghilangkan keraguan dan semakin menumbuhkan keyakinan masyarakat untuk menjalani Vaksinasi Covid-19,” ungkap Kadiskes Misri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Hj Mimi Yuliarni yang juga berkesempatan hadir mengatakan, sesuai petunjuk Pemerintah Pusat, Pemprov Riau menargetkan 100 persen Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kota harus mendapat Vaksinasi, sementara untuk masyarakat minimal harus mencapai 75 persen.

Tenaga Kesehatan harus 100 persen dikarenakan Nakes bersentuhan langsung dengan masyarakat yang diobati sehingga jika sudah di Vaksin dapat bertugas dan beraktifitas dengan aman. Bagitu juga nanti kepada TNI/Polri dan ASN lainnya.

“Semua ini untuk mempercepat terbentuknya Herd Immunity diwilayah Riau, semua Tenaga Kesehatan harus menjalani Vaksinasi Covid-19, sementara untuk masyarakat minimal 75 persen, lalu sisanya 25 persen masyarakat lagi bisa terprotek dari yang sudah tervaksin,” pungkasnya.

Menyikapi pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi meminta kepada para ulama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama mensosialisasikan secara masif terkait Vaksinasi Covid-19 ini yang sudah terbukti aman dan bermanfaat untuk mengantisipasi penyakit Covid-19.

“Sehingga dengan sosialisasi masif dari Tenaga Kesehatan bersama-sama para tokoh serta ulama dapat menepis berbagai isu negatif yang beredar di media sosial yang banyak membingungkan masyarakat, semoga upaya Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini dapat berhasil, rakyat sehat ekonomi bangkit,” harap Bupati.

Sementara itu terkait peresmian Puskesmas Anak Setatah ini, orang nomor satu di Pemkab Meranti tersebut berharap dengan adanya Puskesmas yang cukup representatif itu hendaknya diiringi dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat setempat, terutama dalam urusan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Karena itulah tujuan dari Pemerintah Kabupaten membangun Puskesmas representatif yang kini sudah berdiri di 9 Kecamatan Se Kepulauan Meranti demi kesehatan masyarakat secara merata,” ujar Bupati.

Selain itu juga, Pemkab Meranti akan terus mendorong peningkatan fasilitas pelayanan dibeberapa Puskesmas dengan menghadirkan dokter spesialis dan mengusulkannya menjadi Rumah Sakit Pratama yang dapat melayani pasien rawat inap termasuk di Puskesmas Anak Setatah yang baru saja diresmikan ini, ungkap Bupati Meranti.(Andi)

By Andi