Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pengurus Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung melaksanakan kegiatan Tabliqh Akbar dalam rangka memperingati 10 Muharram 1444 Hijriah. Peringatan Tahun Baru Islam kali ini dihadiri juga Asisten I Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada Ahad (7/8/2022) malam.

Kegiatan yang mengambil tempat dihalaman Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti tersebut mendatangkan Penceramah, Ustadz H Marhalim SAg dari Kota Pekanbaru. Disela acara juga turut ditampilkan shalawat Nabi oleh Santri didikan subuh Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung.

Terlihat hadir Asisten I Pemprov Riau, Drs H Masrul Kasmy MSi, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Khalid Ali SE yang juga sebagai Ketua Pengurus Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, anggota DPRD Meranti, Eka Yusnita SE, Camat Merbau, Indat AMa Pd didampingi sejumlah stafnya, Kapolsek Merbau, IPTU Aguslan SH beserta sejumlah anggotanya, anggota Koramil 06 Merbau, Peltu Suyatno, Korwil Pendidikan TK/SD Kecamatan Merbau, Gamal Iskandar AMa Pd, Field GPA Officer PT. Imbang Tata Alam, Arip Hidayatuloh, Ketua KJUMS Merbau, Samaun SSos, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan santriwan santriwati didikan subuh Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung.

Ketua Pengurus Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, H Khalid Ali SE menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah bergotong royong mensukseskan kegiatan Tahun Baru Islam saat ini. Semoga menjadi berkah dan kebaikan semuanya dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang terbaik.

“Terima kasih dari kami seluruh pengurus kepada abang kami H Masrul Kasmy yang telah membantu mendatangkan penceramah untuk acara kita malam ini, juga kepada management PT. ITA yang membantu penjemputan rombongan dari Pekanbaru tadi. Mohon maaf seandainya dalam layanan kami pada kegiatan ini kurang memuaskan, dan mari kita saling mencermati dengan baik nantinya apa yang akan disampaikan ustadz penceramah kita pada malam hari ini,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti itu.

Camat Merbau, Indat AMa Pd dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Asisten I Pemprov Riau yang juga sebagai mantan Wakil Bupati Kepulauan Meranti di Kecamatan Merbau, semoga melalui kegiatan tahun baru Islam ini dapat saling meningkatkan silaturrahmi bersama demi daerah yang aman dan perubahan lebih baik bagi semua.

“Selamat memperingati 10 Muharram 1444 Hijriah, mari kita saling menjaga hubungan silaturrahmi kedepan sebagai upaya bersama menjadikan daerah khususnya Kecamatan Merbau yang nyaman dan saling introfeksi diri masing-masing agar kedepan lebih baik,” ungkap Camat Indat.

Asisten I Pemprov Riau, Drs H Masrul Kasmy MSi dalam sambutannya mengatakan peringatan 10 Muharram ini merupakan sejarah bagi kita bersama untuk diperingati. Disamping itu juga jadikan dorongan dalam diri sendiri dan keluarga untuk saling meningkatkan generasi kita gemar mempelajari ilmu agama sebagai pondasi hidup mereka kedepan.

“Insyaallah dalam bulan ini kita juga memperingati HUT Provinsi Riau, mari kita saling mendoakan semoga Riau kedepan makin maju dan ukhwan islamiah tetap terjaga dengan baik. Kepada anak-anak ku teruslah belajar dan kuatkan pendidikan agama sebagai landasan untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin yang akan datang,” pungkas mantan Wakil Bupati Kepulauan Meranti tersebut.

Disela kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan bantuan dari Asisten I Pemprov Riau, Drs H Masrul Kasmy MSi kepada Ketua Pengurus Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, H Khalid Ali SE.

Sementara itu, Ustadz H Marhalim SAg dalam inti tausiahnya mengingatkan, carilah bekal akhirat melalui amal ibadah yang baik, dengan hijrah dijalan Allah SWT. Momentum 10 Muharram ini dapat dijadikan semangat mengingat kembali sejarah lama untuk dijadikan landasan perubahan sebagai cerita baru dikehidupan kita nantinya.

“Taatlah di level tertinggi, jangan hanya taat sekedarnya, tetapi taat sampai di level menikmati, jika sudah sampai di level tersebut maka akan meningkatkan semangat kita dalam beribadah lebih kepada Allah SWT. Semakin kita mendekati garis finish yaitu mendekati dengan kematian, untuk itu mari kita berlomba-lomba berbuat baik dan beramal lebih kepada Allah SWT,” ungkapnya.(Ali Sanip)

By Andi