Sat. Mar 2nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pengurus Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan tabliq akbar dan silaturrahim bersama Irmus Al-Istiqomah Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau dalam rangka memeriahkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah yang mengambil tempat di halaman parkiran Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, Jum’at (13/8/2021) malam.

Hadir dalam kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan itu, Sekcam Merbau, Amuniruddin SE, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Khalid Ali SE, Lurah Teluk Belitung, Indat AMa Pd, Sekretaris Lurah Teluk Belitung, Hj Wan Jumiati SE MSi, sejumlah pengurus Masjid dan Mushalla di Kelurahan Teluk Belitung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh Agama, dan komponen lainnya.

Menariknya lagi, acara tersebut terlihat disambut antusias oleh kalangan orang tua didikan subuh Masjid Al-Ihsan dan masyarakat Kelurahan Teluk Belitung dengan dimeriahkan sejumlah penampilan dari kalangan anak-anak santriwan dan santriwati Masjid Al-Ihsan dibawah bimbingan Ketua Masjid, H Khalid Ali SE bersama Ikram dan beberapa rekannya. Selain itu juga, pengurus Masjid Al-Ihsan mendatangkan penceramah mengisi tabliq akbar, Ustadz H Ali Arfan Nasution dari kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Ketua PHBI Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, Abdul Wahab kepada media ini mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan pada setiap hari besar islam. Tetapi ditengah Pandemi Covid-19 tentunya ada beberapa kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan sehingga saat ini dilakukan kegiatan seperti sekarang.

“Biasanya untuk memperingati hari-hari besar Islam seperti saat ini, sebelumnya kita lakukan berbagai kegiatan dan perlombaan anak-anak yang bernuansakan islam. Namun, kali ini kita tidak melakukan hal itu karena kondisi Covid-19, semoga dengan kekuatan doa bersama sembari kegiatan malam ini diharapkan Pandemi Covid-19 cepat berakhir seperti yang kita harapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Al-Ihsan Teluk Belitung, H Khalid Ali SE dalam sambutannya mengatakan, pada malam hari ini dilaksanakan kegiatan tabliq akbar sekaligus silaturrahmi bersama santri dari desa Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau. Tentunya ini merupakan suatu kehormatan bagi kita semua dapat dikunjungi para santi dari Pulau tetangga.

“Insyaalah acara ini akan berlasung selama dua hari kedepan, kami dari pengurus Masjid mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua santri yang mendukung program ini dalam rangka mendidik anak-anak kita pondasi Agama untuk bekal mereka menyongsong kehidupan kedepan. Selain itu juga, dikesempatan ini mari sama-sama kita berdoa yang nantinya akan dipimpin pak ustadz H Ali Arfan Nasution, semoga wabah Pandemi Covid-19 ini cepat berakhir khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti,” harap Wakil Ketua DPRD Meranti tersebut.

Ketua pembina didikan subuh santri itu juga mengakui, pelaksanaan didikan subuh sampai saat ini sudah berjalan selama tiga tahun, tentunya peluang ini dapat dimanfaatkan seluruh orang tua dan generasi kita sampai ke tingkat pendidikan mereka lebih lanjut nantinya.

“Kepada anak-anak didikan subuh ini diharapkan terus semangat dan dapat berlanjut sampai usianya pada jenjang tingkat SMP untuk ikut serta secara bersama mendalami ilmu Agama. Oleh sebab itu kita berharap kepada orang tua juga dapat terus mendukung program kami di Masjid ini demi kepentingan penguatan pondasi Agama generasi kita dimasa yang akan datang,” ungkap H Khalid Ali.

Dalam kesempatan itu juga, Pembina santri didikan subuh Desa Semukut, Monika menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus masjid Al-Ihsan Teluk Belitung yang sudah menerima rombongan dalam rangka silaturrahmi dan belajar bersama untuk kepentingan anak-anak dimasa mendatang.

“Kami berharap silaturrahmi ini tidak hanya sampai disini, insyaallah dapat terus berlanjut kedepannya. Apalagi anak didik kami baru satu tahun lebih berjalan kegiatan pendidikannya, jadi kehadiran kami disini selain silaturrahmi juga diharapkan dapat belajar bersama dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan semangat buat anak-anak kami,” pungkas Monika.

Lurah Teluk Belitung, Indat AMa Pd menambahkan, kegiatan ini merupakan kekuatan kita bersama dalam upaya mengembangkan dan membina anak-anak kita di bidang pendidikan agama.

“Atas nama Pemerintah Kelurahan Teluk Belitung berharap kepada seluruh orang tua santri dan masyarakat lainnya kedepan dapat terus mendukung program positif ini demi masa depan anak-anak kita dimasa yang akan datang. Tahun ini sudah 1443 Hijriah, untuk itu mari kita sama-sama introfeksi diri masing-masing sudah sejauh mana kita berbuat demi kepentingan bersama, dan apa yang akan disampaikan pak ustadz penceramah nanti mari kita ambil hikmahnya secara bersama,” ungkap Lurah.(Ali Sanip)

By Andi