Mon. Apr 22nd, 2024
Gunung Gamalama, Maluku UtaraGunung Gamalama, Maluku Utara

MALUKU, Pesisirnasional.com- Gunung berapi Gamalama yang berada di Ternate, Maluku Utara mengalami erupsi sekitar pukul 11.52 WIT.

Dilansir oleh Kumparan, tinggi abu erupsi mencapai kurang lebih 250 meter di atas puncak gunung atau 1.965 meter di atas permukaan laut.

“Telah terjadi erupsi G. Gamalama, Maluku Utara pada hari Kamis, 04 Oktober 2018, pukul 11:52 WIT,” tulis MAGMA Indonesia dalam akun Twitternya, @id_magma, Kamis (4/10). Akun ini dikelola Kementerian ESDM.

Akibat erupsi itu, abu yang dimuntahkan gunung Gamalama sedang mengarah ke arah barat laut dengan intensitas sedang hingga tebal.

Tak hanya itu, tingkat aktivitas gunung Gamalama saat ini berada di level II (Waspada). Dengan demikian, masyarakat di sekitar gunung Gamalama termasuk pengunjung dan wisatawan diharapkan menjauh hingga radius aman 1,5 km dari kawah puncak gunung.

Sekadar diketahui, gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang mencangkup keseluruhan Pulau Ternate. Gunung ini mempunyai ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Terakhir kali, letusan gunung Gamalama pada 16 September 2012 dan menyebabkan abu vulkanik menutupi langit Ternate. (red)

By redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *