Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH menggelar pertemuan dengan seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kepulauan Meranti. Kegiatan silaturrahmi sekaligus serap aspirasi dari para guru kali ini dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas dunia pendidikan di Meranti yang dipusatkan di Aula SMA Negeri 2 Selatpanjang pada Kamis (18/03/2021).

Terlihat ikut hadir dalam acara yang tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut, Kadis Pendidikan Meranti, Triyono, Sekretaris Dinas Pendidikan Meranti, Hj Syarifah Zuma, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Meranti, Syafrizal, dan Kepsek SD se Kepulauan Meranti.

Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualiatas SDM sesuai dengan program dan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Meranti melalui peningkatan kualitas pendidikan di Meranti. Untuk itu orang nomor satu di Pemda Meranti tersebut berharap kepada seluruh guru khususnya Kepala Sekolah SD se Kepulauan Meranti untuk dapat bekerja serius, tulus, dan ihklas dalam membantu memajukan dunia pendidikan di kota Sagu.

“Saya minta kepada seluruh guru dan Kepsek cukup membantu memikirkan bagaimana upaya mencerdaskan anak-anak Meranti, dengan tulus dan ikhlas jangan berfikir yang lain. Kami tetap komitmen untuk mensejahterakan para guru, salah satunya dengan mengangkat seluruh guru komite menjadi guru honor Kabupaten dengan gaji 2 juta rupiah perbulan,” beber Bupati.

Selain itu mantan Legislator DPRD Provinsi Riau 2 periode itu juga menginstruksikan OPD terkait, untuk membayarkan Insentif dan sertifikasi guru ASN yang sebelumnya dengan sistem rapel/semester menjadi tiap bulan.

“Saya telah meminta kepada BPKAD Meranti untuk membayarkan semua hak guru ASN setiap bulan, jangan ditunda-tunda,” ucapnya.

Selanjutnya dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengajar, Bupati H M Adil menegaskan kepada setiap guru harus memiliki kompetensi dan profesionalitas sehingga kualitas belajar mengajar kepada peserta didik dapat lebih meningkat. Disinggungkannya, dalam meningkatkan kualitas guru tersebut Pemkab akan memperbanyak pemberian pelatihan kepada para guru di Meranti, dan yang luar biasa adalah Pemkab juga akan memberikan Beasiswa gratis S2 dan S3 kepada para guru dan Kepala Sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan.

“Bagi guru dan Kepala Sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan S2 maupun S3 kita akan sekolahkan secara gratis. Pemkab Meranti telah menganggarkan dana sebesar Rp. 12,5 Miliyar untuk biaya pendidikan S1 sampai program Doktor, termasuk juga Dokter Umum,” jelas Bupati H M Adil yang langsung disambut tepuk tangan oleh seluruh guru.

Terlihat dalam silaturrahmi kali ini, Bupati Meranti H M Adil juga membuka ruang dialog bersama forum Kepsek yang hadir.

Ada beberapa hal yang disampaikan sejumlah Kepala Sekolah dalam pertemuan itu, diantaranya berharap ada penambahan ruang kelas, pengadaan jaringan internet untuk penunjang proses belajar mengajar, pembayaran dana sertifikasi, hingga penambahan tenaga pengajar di Sekolah yang menerapkan kelas jauh, serta dana BOS daerah.

Menyikapi usulan tersebut, Bupati Meranti akan mengkaji sesuai skala prioritas dengan Dinas Pendidikan Meranti secepatnya. Jika dinilai urgen dan harus diadakan segera akan dilaksanakan seperti pengadaan ruang kelas untuk sekolah jauh di Nerlang Tebing Tinggi Timur. Untuk menunjang proses belajar mengajar disana Bupati berjanji akan membangun 4 ruang kelas baru.

“Untuk di Nerlang kita akan bangun 4 ruang kelas baru. Jika ada permasalahan dalam proses belajar mengajar kedepan silahkan langsung hubungi saya,” pungkasnya.

Jika tidak ada halangan, Bupati H M Adil juga berencana akan menerapkan konsep “Smart City” yang didukung dengan teknologi IT, sehingga para guru dan Kepala Sekolah yang ingin berkomunikasi dengan Bupati secara langsung dapat memanfaatkan teknologi tersebut demi kemudahan dan kelancaran dalam memajukan dumia Pendidikan secara bersama di Kepulauan Meranti.(Andi)

By Andi