Mon. Jun 17th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Meranti Ke XIII (13) yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2021 besok, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Merbau melaksanakan sunatan massal dan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Merbau gelar Istiqosoh serta dzikir bersama pada Sabtu (18/12/2021).

Untuk kegiatan sunatan massal Pemcam Merbau kali ini diikuti sebanyak 140 orang peserta dari seluruh Desa dan Kelurahan se Kecamatan Merbau, yang dalam pelaksanaannya mengambil tempat di ruang Puskesmas dan didukung tim medis Puskesmas Teluk Belitung secara bertahap.

Sementara kegiatan istiqosol dan dzikir bersama tersebut berlangsung khidmat di gedung LAMR Kecamatan Merbau dengan dipimpin langsung oleh Kiyai Soleh dari Desa Mengkirau Kecamatan Tasik Putri Puyu, yang diikuti para alim ulama, Ketua beserta pengurus LAMR Merbau, Pj Lurah Teluk Belitung, Yodie Prayogi SSTP MM, tokoh masyarakat, sejumlah kaum ibu-ibu, dan komponen lainnya.

Camat Merbau, Indat AMa Pd saat dikonfirmasi media ini mengatakan, Upika Merbau bersama semua pihak terus menunjukkan semangat dan rasa syukur bersama dengan berbagai kegiatan memperingati HUT Kepulauan Meranti ke 13 tahun ini dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Diharapkan semua kegiatan nantinya dapat didukung dan berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Alhamdulillah pelaksanaan sunatan massal kita dapat berjalan baik dengan dilakukan sistem dua titik kegiatan. Dimana hari ini dilaksanakan di Puskesmas Teluk Belitung dengan diikuti peserta sunatan massal dari 5 Desa serta Kelurahan se Kecamatan Merbau. Sementara itu kegiatan serupa kedua akan dilaksanakan pada tanggal 20 mendatang di Desa Sungai Tengah dengan diikuti peserta dari 5 Desa se Kecamatan Merbau,” beber mantan Lurah Teluk Belitung itu.

Tidak lupa orang nomor satu di Pemcam Merbau tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan sejumlah kegiatan memeriahkan HUT Meranti tahun 2021 di Kecamatan Merbau.

“Memang untuk kegiatan peringatan HUT Meranti di Kecamatan Merbau juga dilaksanakan oleh beberapa pihak, baik Pemdes, Pemerintah Kelurahan, Upika Merbau, organisasi dan lainnya sehingga terdapat dibeberapa titik kegiatannya. Tentu atas nama pribadi dan Pemcam Merbau saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung Pemerintah selama ini baik secara moril, materi, dan fikiran sehingga semuanya berjalan baik,” ungkap Indat Camat Merbau.

Sementara itu, Ketua LAMR Kecamatan Merbau, Syafruddin SHum mengatakan, pelaksanaan Istiqosoh dan dzikir bersama hari ini dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kepulauan Meranti Ke XIII tahun 2021 sebagai wujud kepedulian dan semangat bersama atas capaian perkembangan daerah selama ini serta berdoa semoga wabah Pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Dalam kegiatan yang dilaksanakan ini, kita juga minta dan berdoa agar daerah kita kedepan selalu dalam lindungan Allah SWT dari segala mala petaka dan musibah, serta dapat terciptanya masyarakat yang sejahtera nantinya. Kita punya tekat untuk berupaya semaksimal mungkin memajukan LAMR Merbau ini kedepan lebih baik lagi,” ucap mantan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Merbau itu.

Ia mengharapkan dalam mencapai itu semua tentunya tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan dukungan dan doa dari semua pihak dan masyarakat agar apa yang dicita-citakan demi kepentingan bersama dapat terwujud sebagaimana sebagaimana yang diharapkan.

“Perlu kita akui dan gali daerah Kecamatan Merbau ini sangat banyak potensi, masih banyak budidaya yang perlu kita kembangkan, nanum itu semua perlu kerjasama semua pihak baik Pemerintah, Upika Merbau, seluruh Ormas dan lainnya sehingga semua itu dapat tercapai dengan baik nantinya,” pungkas Ketua LAMR Merbau itu.(Ali Sanip)

By Andi