Sat. Mar 2nd, 2024

PesisirNasional.com – Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom menyampaikan bahwa seorang tenaga kesehatan (nakes) bernama Gerald Sokoy yang kini berada di markas pasukan pimpinan Lamek Taplo dalam keadaan sehat.

“Selama kurang lebih 10 hari Mantri Gerald Sokoy bersama Pasukan TPNPB-OPM Kodap 15 Ngalum Kupel dalam kondisi sehat dan bukan di sandera,” kata Sebby dalam keterangan yang diterima merdeka.com, Kamis (23/9).

Karena bukan sandera, Sebby mengklaim bahwa Sokoy hingga akhirnya bisa ditemukan pasukannya, lantaran tersesat ketika peristiwa kericuhan di Distrik Kiwirok, Rabu (13/9) lalu. Maka Pasukan TPNPB, ujar dia, tetap lindungi Sokoy sebagai warga sipil non militer.

“Menurut laporan Resmi dari Brigadir Jenderal Lamek Taplo Akan serahkan Gerald Sokoy melalui Pihak Gereja atau Pemerintah daerah Kabupaten Pengunungan Bintang secara terhormat,” sebutnya.

Sedangkan, Sebby menyampaikan berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Lemek Taplo selaku pimpinan pasukan, berjanji akan secepatnya sesuai situasi dan kondisi untuk menyerahkan Sokoy kepada pihak geraja maupun pemerintah daerah setempat

“Waktu untuk serahkan Sokoy Dari Kami TPNPB OPM kepada Pihak Gereja atau Pemerintah Daerah itu kami akan atur sesuai Sikon yang kami hadapi, oleh Karena itu semua pihak khususnya Seluru Rakyat Papua tetap bersabar,” ujarnya.

“Saya sebagai Panglima militer TPNPB-OPM Kodap Ngalum Kupel berharap Aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia TNI-POLRI. Jangan menghalangi proses ini, tetap di tangani oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pengunungan Bintang dan Pihak Gereja mana yang tepat kami akan atur,” kata Sebby dalam pesan Lemek Taplo.

Diberitakan sebelumnya,Kelompok Separatis Teroris (KST) melakukan pembakaran Puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada Senin (13/9). Bukan cuma membakar Puskesmas, mereka juga membakar sejumlah fasilitas umum.

KST juga menyerang enam nakes. Empat nakes memilih melompat ke dalam jurang untuk menyelamatkan diri. Satu meninggal dunia. Satu mantri dilaporkan hilang. [ded]

Sumber: Merdeka

By redaksi