Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai wujud kepedulian dan bentuk kerjasama dalam membantu Pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19 khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, pihak Kampus melalui gerakan nyata dari sejumlah Mahasiswa/i KKN Universitas Riau di Desa Pelantai Kecamatan Merbau melakukan berbagai kegiatan positif dalam beberapa waktu belakangan ini.

Kegiatan positif tersebut mulai dari pengecekan suhu tubuh penumpang di Pelabuhan Desa Pelantai, pembagian hand sanitizer kepada pihak Puskesmas, guru-guru SD, pak RT dan RW, pelabuhan penyeberangan Pelantai – Teluk Ketapang dan di kantor Desa Pelantai. Selain itu juga dilanjutkan kegiatan edukasi mengenai gejala dan pencegahan covid-19 melalui poster yang disebarkan di lingkungan masyarakat Desa Pelantai serta kegiatan pembuatan tempat cuci tangan.

Demikian disampaikan Koordinator Tim Relawan Covid-19 KKN Universitas Riau, Muhammad Nurhidayat di Pelantai kepada media ini, Jum’at (3/7/2020). Dijelaskannya, kegiatan kami ini alhamdulillah semuanya berjalan baik atas kerja sama yang luar biasa dengan Bhabinsa TNI Polri di Desa Pelantai, aparatur Pemdes Pelantai, serta tim relawan Covid-19 Desa Pelantai yang antusias dalam berbagai kegiatan tersebut.

Tentunya kami sangat berterima kasih sekali kepada semua pihak dan masyarakat Desa Pelantai yang telah membantu mendukung serta memberi suport kepada kami Mahasiswa/i Kukerta Universitas Riau dalam mengsukseskan kegiatan yang telah dilaksanakan itu, mudah-mudahan dengan kerjasama yang baik ini bisa membantu dengan cepat selesainya pandemi Covid-19 ini sebagaimana yang kita harapkan, ucap Nurhidayat.

Dibeberkannya, kegiatan pengecekan suhu tubuh ini kita lakukan dalam rangka membantu Pemdes Pelantai untuk mengontrol aktifitas pulang pergi penumpang di pelabuhan Pelantai dimasa Pandemi Covid-19 ini. Selain itu untuk kegiatan edukasi mengenai gejala dan pencegahan covid-19 melalui poster, dimana poster tersebut kita tempel di warung-warung warga Desa Pelantai, di pelabuhan penyeberangan, Masjid, semua Sekolah di Pelantai, Puskesmas, Kantor Desa dan gedung serba guna Desa Pelantai, sehingga dengan adanya edukasi melalui poster tersebut masyarakat bisa lebih mengetahui bahaya Covid-19 dan mengetahui pentingnya hidup sehat.

Kita juga melaksanakan pembuatan tempat cuci tangan yang diberikan kepada Ketua Pasar Minggu desa Pelantai, diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa membudayakan hidup bersih dengan mencuci tangan setiap melakukan aktivitas guna mencegah penyebaran virus corona. Selain itu juga kami melaksanakan proses pembuatan hand sanitizer dengan meminta bantuan dari pihak Puskesmas terkait takaran yang sesuai dengan standar kesehatan lalu disalurkan untuk masyarakat desa Pelantai, ungkap M. Nurhidayat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa (Kades) Pelantai, Khairi SE saat dikonfirmasi media ini mengatakan, kita dari Pemdes Pelantai tentunya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya buat adik-adik Mahasiswa Universitas Riau yang telah ikut andil serta kreatif membantu Pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Desa kita khususnya.

Tentunya kita berharap dari beberapa kegiatan adik-adik Mahasiswa/i Kukerta di Desa Pelantai ini serta kerjasama semua pihak pandemi Covid-19 di wilayah kita bisa cepat selesai sebagaimana yang diharapkan bersama, pungkasnya.(Andi)

By redaksi