Fri. Mar 1st, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK ikut turun langsung meninjau lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Mekar Delima, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti pada Sabtu (06/03/2021).

Polisi bintang dua itu tiba di Jeti PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) estate Pulau Padang sekitar pukul 13.30 Wib. Ia didampingi istri Ny Ernie Agung Setya Efendi, Karo Ops Polda Riau, Drs Rudi Kristantyo MM, Dansat Brimob, Kombes Pol Dedi Suryadi SIK, dan Korspri AKBP Bachtiar Alponso SIK MSi.

Terlihat kedatangan Kapolda Riau beserta rombongan disambut langsung Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (purn) H Asmar didampingi Kapolres Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Wakil Ketua DPRD Meranti, H Khalid Ali SH, Kapolsek Merbau, IPTU Sahrudin Pangaribuan SH, pihak perusahaan PT RAPP, dan komponen lainnya.

Sebelum menuju lokasi Karhutla, di tenda siaga Irjen Agung sempat mendengarkan paparan dari Kapolres Kepulauan Meranti terkait Karhutla yang terjadi di wilayah Pulau Padang. Rombongan kemudian bergerak menuju lokasi Karhutla sekitar pukul 14.05 Wib dengan menggunakan speedboat.

Di lokasi karhutla, Kapolda memberikan semangat dan motivasi kepada personil, selain itu Kapolda dan istri juga turut memegang selang air, melakukan pemadaman dan pendinginan bersama tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Satpol PP Meranti, perangkat Desa, Pemerintah Kecamatan, MPA dan tim pemadam PT. RAPP.

“Kita turun dengan kekuatan penuh. Alhamdulillah, dengan teknik-teknik pemadaman yang kita kolaborasikan saat ini api di titik-titik yang kemungkinan berpotensi menjalar ke tempat lain sudah berhasil dipadamkan,” kata Irjen Agung.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan, Polri bersama stakeholder terkait akan terus bersinergi. Dan saat ini, jumlah titik api di Riau terus menurun. “Kita optimalkan pemadaman, pantang pulang sebelum padam,” pungkasnya menegaskan.

Sebelum meninggalkan lokasi Karhutla Kapolda memberikan bantuan kepada personil gabungan, selanjutnya rombongan kembali ke helipad PT. RAPP sekitar pukul 17.02 Wib, dan terbang menggunakan helikopter ke Pekanbaru.

Untuk diketahui, usai peninjauan tersebut pada malam hari ini sekitar pukul 21.30 Wib wilayah Kecamatan Tasik Putri Puyu khususnya dan Kabupaten Kepulauan Meranti pada umumnya diberkahi hujan lebat di sejumlah daerah. Dengan demikian paling tidak dapat membantu meringankan kinerja tim pemadaman karhutla dilapangan dalam menjinakkan api sehingga tidak terjadi lagi Karhutla.(Andi)

By Andi