Fri. Jun 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai bentuk kekecewaan masyarakat Desa Bagan Melibur Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti terharap sistem rekrutmen tenaga kerja di sub kontraktor pihak Perusahaan Energi Mega Persada Malacca Strait SA (EMP MSSA) dan kelalaian perusahaan dalam menjaga keamanan serta kebersihan lingkungan sekitar operasional kerjanya membuat Pemerintah Desa (Pemdes) Bagan Melibur bergerak cepat.

Dimana Pemdes Bagan Melibur menfasilitasi pertemuan antara pihak Perusahaan bersama masyarakat Desa Bagan Melibur guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pertemuan berlangsung alot itu mengambil tempat di ruang rapat Kantor Desa Bagan Melibur pada Kamis (05/11/2020).

Terlihat hadir dalam pertemuan tersebut, Camat Merbau Abdul Hamid SThI MM didampingi Kasi Trantib Merbau, Zainal SE beserta anggota Satpol PP Merbau, Kapolsek Merbau IPTU Sahrudin Pangaribuan SH beserta anggota, Kades Bagan Melibur Isnadi Esman SPd, pihak perusahaan yang diwakili Bara, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan komponen lainnya.

Kepala Desa Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd saat dikonfirmasi media ini menjelaskan, sebenarnya pertemuan itu merupakan bentuk penyampaian aspirasi masyarakat yang beberapa waktu ini tengah jadi pembicangan hangat warga, dimana masyarakat Bagan Melibur merasa kecewa dengan sistem rekrutmen tenaga kerja di Perusahaan BEP yang merupakan sub kontraktor dari perusahaan EMP Malacca Strait SA. Dan juga persoalan rusaknya akses jalan yang tidak kunjung selesai diperbaiki, serta tidak terawatnya lokasi sumur minyak yang semak dan aliran air yang tersumbat.

Alhamdulillah pertemuan tadi berjalan lancar dan kondusif berkat kerjasama semua pihak, yang mana sesuai kesepakatan bersama tadi akan dilakukan kembali pertemuan lanjutan oleh Pemerintah Kecamatan Merbau pada hari Senin besok untuk mendudukkan secara jelas beberapa poin aspirasi masyarakat terhadap Perusahaan yang akan dihadiri langsung oleh petinggi Perusahaan sesuai perjanjian dalam forum tadi, jelas Kades yang akrab disapa Nadi itu.

Orang nomor satu di Pemdes Bagan Melibur tersebut berharap kepada seluruh masyarakat mari sama-sama kita menahan diri dan bergerak bersama mencari jalan keluar dari apa yang kita harapkan guna menjadi situasi kondusif di daerah kita. Selain itu diharapkan kepada pihak Perusahaan agar bisa segera mungkin merealisasikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat selama ini dengan baik sehingga kedepan semuanya bisa berjalan lancar dan aman, ungkap peria gagah berkacamata itu.

Sementara isi berita acara pertemuan antara Manajemen Perusahaan dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa Bagan Melibur bersama Polsek Merbau dan bersama-sama membahas serta menerima keluhan pemuda dan masyarakat Desa Bagan Melibur sebagai berikut ; pertama, menentukan jadwal pertemuan lanjutan antara Manajemen Perusahaan yang bisa mengambil keputusan dan menjawab beberapa hal yang dibahas hari ini dengan Pemcam Merbau dan Desa Bagan Melibur pada hari Senin 09 November 2020.

Kedua, pemuda menegaskan agar transparansi lanjutan terkait masalah rekrutmen di wilayah EMP dan di wilayah PT. BEP Malacca Strait tidak terulang dikemudian hari sebagai contoh dalam masalah penerimaan mekanik awalnya 3 orang ternyata kelulusan 4 orang. Ketiga, kelanjutan perbaikan jalan Kondur yang terkendala agar segera diperbaiki oleh EMP. Empat, penambahan Swamper alat berat di PT BEP. Kelima, pembersihan (Clearing area) di wilayah MSJ dan jalan umum yang berdekatan dengan rumah warga serta pembersihan tali air oleh EMP.

Enam, program Magang yang bisa diterima di PT BEP. Ketujuh, menerima supir untuk 10 unit mobil di EMP. Delapan, besi tubing untuk jembatan di Dusun II setelah selesai di MSJ 77 baru bisa direalisasi 5 joint dari pihak PT BEP. Sembilan, pasir untuk penimbunan jalan rusak didekat pemukiman rumah warga Dusun II oleh EMP. Sepuluh, program Tangguh Nusantara oleh EMP. Sebelas, rumah pecah di Desa Bagan Melibur akibat kendaraan (alat berat) melintas di jalan Kondur yang rusak.

Dimana sebanyak 11 point harapan masyarakat yang tertuang dalam berita acara pertemuan tersebut ditanda tangani langsung oleh Camat Merbau Abdul Hamid SThI MM, Kades Bagan Melibur Isnadi Esman SPd, Kapolsek Merbau IPTU Sahrudin Pangaribuan SH, pihak Perusahaan yang diwakili Bara, perwakilan masyarakat yang ditanda tangani oleh Darwin S dan Perwakilan Pemuda yang ditanda tangani oleh Arif Hardiansyah dan disaksikan puluhan masyarakat Desa Bagan Melibur dalam pertemuan itu.(Andi)

By redaksi