Tue. Jun 25th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Hari ini Kamis (5/11/2020) Lurah Teluk Belitung, Indat Ama Pd menutup secara resmi pelatihan Linmas dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya Indat Ama Pd mengatakan, pelatihan ini merupakan pencerahan bagi kita guna mengetahui tugas dan pokok atau topoksi kita masing-masing, mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan narasumber selama pelatiha ini dapat menjadi pedoman dan acuan bagi kita semua sebelum berbuat serta menjalankan tugas sehingga bisa lebih baik kedepan.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kelurahan Teluk Belitung tersebut mengingatkan, bagi Linmas dan LPMK agar perlu berhati-hati sebelum bertindak. Selain itu utamakan kepentingan nasyarakat banyak dari pada kepentingan individu dan keluarga dalam menjalankan tugas, pungkas Indat.

Seraya disampaikan Sekretaris Lurah (Seklur) Teluk Belitung, Hj Wan Jumiati SE dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini tidak lain tidak bukan guna untuk pencerahan bagi kita bersama, selain itu juga melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi sesama kita.

Diakuinya, terlaksana pelatihan ini bersumberkan dari Dana Anggaran Khusus tahun 2020, yang mana sebelumnya kami juga telah mengajukan usulan dana untuk pelatihan tahun 2019, namun belum berhasil, alhamdulillah tahun 2020 ini kita dapat sedikit dana yang digunakan untuk pelatihan dan teralisasi saat ini.

Lebih lanjut istri Wakil Ketua DPRD Meranti itu juga menuturkan, kami akan terus berupaya mengajukan usulan untuk pelatihan dilapangan seperti diklat buat anggota Linmas, begitu juga dengan LPMK.

Menurut perempuan yang bersosok ramah itu, Linmas merupakan perpanjangan tangan kami, begitu juga dengan LPMK. Oleh sebab itu kami mengajak mari sama-sama kita berklaborasi dan saling mengisi demi suksesnya serta berjalannya pelayanan di Pemerintah Kelurahan Teluk Belitung kedepan lebih baik demi kepentingan masyarakat banyak, pungkas Hj Wan Jumiati.

Dalam kegiatan itu sebagai narasumber melibatkan pihak Personil Polsek Merbau, Brigadir Jonifri dan Danramil 08 Merbau yang diwakili Pelda D.T. Sidauruk.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Teluk Belitung, Brigadir Jonifri sebagai narasumber menyampaikan, tugas serta peran Linmas dan LPMK merupakan perpanjangan tangan masyarakat, seperti dalam kepengurasan surat menyurat di Kelurahan Teluk Belitung, juga terhadap musibah, kebakaran dan lain sebagainya.

Diingatkannya, tidak lama lagi kita akan dihadapkan pelaksanaan Pilkada pemilihan Bupati, kepada Linmas sangat berperan penting disetiap TPS guna mengsukseskan helat tersebut. Perhatikan berbagai hal, jika ada temuan mari kita duduk bersama, ikuti jenjang perjenjang dan prosudur dalam menjalankan tugas dilapangan, pesan Bhabinkamtibmas Kelurahan Teluk Belitung itu.

Kepada Linmas, sandaikan terjadi dilapangan tertangkap tangan pelanggaran Pilkada bagaimana kita bisa meminimalisir situasi dan kondisi ditempat, jangan kita lakukan pengamanan dengan kekerasan. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan pada hari dapat semakin meningkatkan hubungan silaturrahmi kita dan pengetahuan kita bersama dalam menjalankan tugas kedepan, pungkasnya.

Sementara itu Pelda D.T. Sudauruk dikesempatan yang sama mengatakan, bagi kita semua dengan dilakukan pelatihan seperti ini dapat bertatap muka secara langsung bersama Linmas dan LPMK Teluk Belitung. Diharapkannya, dengan pelatihan ini mari kita saling berkoordinasi dan berkerjasama demi terjaganya daerah kita Teluk Belitung yang aman dan kondusif dari segala hal yang tidak baik.

Dengan kondisi daerah yang aman tentunya pelayanan masyarakat dapat juga berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan bersama, ungkapnya.(Ali Sanip)

By redaksi