Sat. Feb 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai wujud kepedulian terhadap wilayah bibir pantai di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam suasana Jambore Pemuda Komite nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Meranti bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Merbau melaksanakan penanaman bibit mangrove di wilayah Konservasi Pembibitan Magrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau, Ahad (31/10/2021).

Dalam kegiatan positif tersebut bibit mangrove sebanyak 400 bibit didukung oleh Perusahaan Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait SA.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Merbau, Indat AMa Pd, Kapolsek Merbau IPTU Sahrudin Pangaribuan SH didampingi AIPDA Dodi Novrian, Kepala KSOP Wilker Teluk Belitung Ijon Tanamal, Sr CSR Officer EMP Malacca Strait SA, Arip Hidayatulloh, Ketua KNPI Provinsi Riau, Fuad Santoso SH, Ketua KNPI Meranti Rudi Tanjung SIKom, Ketua dan pengurus KNPI Kecamatan Merbau, seluruh team Konservasi Mangrove Sungai Merambai, dan komponen lainnya.

Ketua KNPI Kabupaten Kepulauan Meranti, Rudi Tanjung SIKom disela-sela penanaman mengajak seluruh pemuda untuk saling bekerjasama menjaga ekosistem guna mengantisipasi terjadinya Abrasi di daerah Pulau Padang dengan cara penanaman mangrove.

“Kita mengapresiasi kepada semua pihak yang mendukung program penanaman mangrove di wilayah pulau padang. Diharapkan kedepan program ini dapat terus ditingkatkan, kepada PK KNPI Kecamatan Merbau maupun se Kepulauan Meranti agar dapat selalu bersinergi dalam menjaga lingkungan di daerah kita nantinya,” ungkap politisi PDIP tersebut.

Senada sampaikan Camat Merbau, Indat AMa Pd dalam kesempatan itu mengatakan, atas nama Pemerintah dan Upika Merbau terus mendukung program ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Mudah-mudahan langkah sinergitas ini dapat bermanfaat bagi kepentingan anak cucu mendatang dan kedepan dapat terus ditingkatkan.

“Kami atas nama Pemerintah dan Upika Merbau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik KNPI Riau, KNPI Meranti, KNPI Merbau, PT. EMP, Forum Konservasi Mangrove Merambai, dan semua pihak yang telah peduli dengan lingkungan di daerah pesisir pantai Teluk Belitung ini. Semoga dengan kegiatan positif generasi muda kita di Kecamatan Merbau ini kedepan lingkungan kita dapat terus terjaga dengan baik demi keberlangsungan hidup generasi mendatang,” ucap Indat.

Mantan Lurah Teluk Belitung itu juga mengharapkan, kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga bibit bakau atau mangrove yang sudah ditanam di sekitar pantai tersebut demi kepentingan bersama kedepan.”Mari jaga lingkungan dan terus bersinergi dalam segala hal demi kemajuan dan kepentingan masyarakat banyak di Kecamatan Merbau kedepan lebih baik,” pungkasnya.(Ali Sanip)

By Andi