Sun. Apr 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Komunitas Sahabat Anak Pulau (SAP) pada bulan Ramadan 1441 H tahun ini memberi suasana baru di Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti. Dimana tahun sebelumnya komunitas ini mengadakan Pesantren Ramadhan namun kali ini tema yang diusung adalah Berkah Ramadhan (Berbagi Kasih).

Menariknya lagi, Komunitas SAP dibawah binaan organisasi Karang Taruna Kecamatan Rangsang Pesisir tersebut telah membagikan beberapa paket sembako dan zakat beras, serta menyediakan ta’jil gratis dengan menu bubur dan mie Goreng kepada masyarakat secara gratis untuk menu berbuka puasa di Kecamatan Rangsang Pesisir.

Informasi ini disampaikan Ketua Komunitas SAP, Hendri kepada media ini, Kamis (14/5/2020). Dikatakannya, untuk menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan awalnya kita tahun ini sebelum ada wabah Covid-19 telah menyiapkan program Tahfiz 10 Jus dan Pesantren Ramadhan. Namun walaupun di pelosok Kampung kita mencoba mempersatukan Komunitas Remaja Masjid sehingga sesuai kesepakatan bersama maka dialihkan kegiatan lain salah satunya adalah berbagi ta’jil gratis ini.

Suasana Ramadan ditengah Pandemi Covid-19 tentu soal kepedulian dan kebersamaan harus ditingkatkan, misalnya dengan cara berbagi sembako, hingga membuat menu takjil Gratis yang dilakukan pihaknya di tiga Desa se Kecamatan Rangsang Pesisir antara lain Desa Kedabu Rapat, Desa Sonde dan Desa Tanah Merah selama bulan Ramadan.

Alhamdulillah di Ramadhan ini kita dapat juga bantuan sembako sebanyak 10 paket dari Istri Pak Wakil Bupati Meranti, dilanjutkan sebanyak 50 paket beras dari donatur Sahabat Kita Indonesia (SKI), selain itu juga ada juga sumbangan dari Anggota DPRD Meranti Dapil 3 serta sedekah dari sejumlah pengusaha dan anak-anak rantau di Rangsang Pesisir, beber Hendri.

Ia menilai, kegiatan ini sangat membantu masyarakat dimana dapat kita lihat dari antusias masyarakat yang datang berdasarkan jumlah porsi yang mereka sediakan selalu habis terbagikan. Ditambah dengan antusias adik-adik Irmas yang semangat fastabiqul khoirot untuk membantu menyediakan menu yang terbaik setiap pembagian ta’jil gratis ini.

Hendri mengakui, seluruh dana yang terkumpul dari sumbangan selama Ramadhan ini sudah disalurkan, Itu full semuanya dari infaq. Jika dana lebih atau ada yang akan menyumbangkan lagi kita akan buat titik lokasi berbagi ta’jil gratis seperti sekarang ini di Desa lain yang belum berkesempatan kita lakukan.

Sementara itu, untuk mendukung kegiatan ekonomi rakyat kecil, jika pada hari yang sama ada masyarakat berjualan ta’jil dengan menu yang sama juga maka barang jualannya akan kami borong.

Kami ingin orang pulau seperti kami ini juga merasakan bagi-bagi sembako dan ta’jil gratis untuk masyarakat kami. Kalau warga kota tentu banyak kegiatan seperti ini yang dilakukan dari Pemda dan Organisasi lainnya, sehingga menurut kami orang kampung pelosok seperti kami ini juga seharusnya diperhatikan karena Meranti ini bukan Selatpanjang saja tetapi Meranti ini luas, biar sama rata dan sama rasa, ungkapnya.(Andi)

By redaksi